Yuk Intip Galaxy A01, Smartphone Murah Terbaru dari Samsung

Rezha Hadyan
Rabu, 11 Maret 2020 | 16:48 WIB
Galaxy A01 yang mengusung chipset Snapdragon 439 dengan RAM 2 GB dan media internal 16 GB hadir dengan fitur unggulan berupa Selfie Focus yang mampu memburamkan layar belakang ketika berswafoto./Rezha Hadyan
Galaxy A01 yang mengusung chipset Snapdragon 439 dengan RAM 2 GB dan media internal 16 GB hadir dengan fitur unggulan berupa Selfie Focus yang mampu memburamkan layar belakang ketika berswafoto./Rezha Hadyan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Samsung kembali meluncurkan produk terbarunya di Indonesia. Kali ini pabrikan asal Korea Selatan itu meluncurkan Galaxy A01 yang tak lain adalah ponsel pintar di segmen entry-level.

Galaxy A01 yang dibanderol dengan harga Rp1,49 juta menyasar generasi Z sebagian besar diantaranya merupakan pengguna pemula ponsel pintar. Selain itu, ponsel tersebut juga menyasar pengguna di kota-kota lapis dua (second-tier city) yang lebih banyak mencari ponsel pintar dengan harga terjangkau di bawah Rp1,5 juta.

Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia Irfan Rinaldi mengatakan peluncuran Galaxy A01 menandai kembalinya Samsung di segmen yang persaingannya cukup ketat ini. Dia menyebut Galaxy A01 merupakan penerus dari Galaxy J2 Prime yang produksinya dihentikan sejak Mei 2019 lalu.

"Galaxy A01 menandai kehadiran kembali Samsung ke segmen yang kami sebut sebagai ultra-low cost smartphone. Tentunya yang menggunakan [sistem operasi] Android full-version, bukan Android Go. Ponsel di segmen ini peminatnya tidak bisa dibilang sedikit karena Galaxy J2 Prime setelah discontinue masih banyak juga yang menanyakan," katanya ketika ditemui di Jakarta, Rabu (11/2/2020).

Lebih lanjut, Irfan menjelaskan selama ini produk ponsel pintar di segmen ultra-low cost memberikan kontribusi sampai dengan 10 persen terhadap penjualan ponsel pintar Samsung. Angka tersebut mengacu pada penjualan Galaxy J2 Prime yang sebelumnya menjadi andalan Samsung di segmen tersebut.

Adapun, menurut Irfan pihaknya telah menyiapkan strategi khusus untuk penjualan Galaxy A01. Penjualan ponsel tersebut juga akan mengandalkan toko-toko tradisional alih-alih hanya mengandalkan penjualan daring dan toko resmi Samsung yang tersebar di pusat perbelanjaan.

"Terutama di daerah ya, karena banyak orang yang masih datang ke toko-toko tradisional pinggir jalan berinteraksi langsung dengan penjualnya. Nanti, akan kami siapkan dummy-nya untuk membantu mereka memasarkan Galaxy A01," tuturnya.

Adapun sebelumnya, ponsel tersebut hanya bisa dibeli secara daring pada 4-6 Maret 2020 di sejumlah platform dagang-el, antara lain Lazada, BliBli, Shopee, JD.id, Erafone, Tokopedia, Elevenia, Bhinneka dan aCommerce.

Galaxy A01 yang mengusung chipset Snapdragon 439 dengan RAM 2 GB dan media internal 16 GB hadir dengan fitur unggulan berupa Selfie Focus yang mampu memburamkan layar belakang ketika berswafoto.

Kamera depannya yang beresolusi 5 MP termuat dalam sebuah notch kecil di bagian atas layar yang berukuran 5,7 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1.520 piksel).

Adapun, kamera belakang terdiri dari buah, yakni kamera utama 13 MP (f/2.2) dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4) yang berfungsi untuk memberikan efek bokeh di foto portrait.

Galaxy A01 memiliki baterai berkapasitas 3.000 mAh serta sistem operasi Android 10 yang dengan antarmuka One UI 2.0. Ponsel tersebut tersedia di Indonesia dengan tiga warna, antara lain black, blue, dan red. Namun sayangnya, warna red baru akan hadir mulai April 2020 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper