Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Utak-atik Dokumen PDF, Ini Aplikasinya di Android

Berbagai aplikasi PDF dari Adobe tampaknya merupakan solusi yang lebih baik bila Anda membutuhkan fitur lebih di Android. Adobe menyediakan beberapa aplikasi Android: Adobe Acrobat Reader, Adobe Fill and Sign, serta Adobe Scan.
Gombang Nan Cengka
Gombang Nan Cengka - Bisnis.com 21 Desember 2019  |  12:28 WIB
adobe - reuters
adobe - reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Anda punya kebutuhan menangani berkas PDF (Portable Document Format) di ponsel? Bila kebutuhan itu lebih dari sekadar membaca di layar atau mencetaknya, Anda mungkin bisa mengandalkan aplikasi bawaan yang tersedia di peranti ponsel. Lain ceritanya bila Anda punya keperluan lain.

Saya sendiri lebih banyak berurusan dengan berkas PDF sebagai format buku elektronik (e-book). Namun ada kalanya saya menangani berkas PDF tipe lain, misalnya formulir atau dokumen.

Kadang-kadang saya juga harus membuat berkas PDF dengan mengkonversinya dari bahan cetakan dengan memindai. Mengelola semua berkas PDF ini dengan aplikasi bawaan Android (PDF Viewer for Android, Google Drive) sejauh ini tidak memuaskan.

Berbagai aplikasi PDF dari Adobe tampaknya merupakan solusi yang lebih baik bila Anda membutuhkan fitur lebih di Android. Adobe menyediakan beberapa aplikasi Android: Adobe Acrobat Reader, Adobe Fill and Sign, serta Adobe Scan.

Untuk menangani PDF sebagai buku elektronik, tersedia juga Adobe Digital Edition, walaupun dari pengalaman saya aplikasi dari pengembang lain lebih baik sebagai pembaca buku elektronik.

Aplikasi yang dibahas dalam artikel ini akan berfungsi lebih baik dengan akun Adobe. Bila Anda belum memilikinya, Anda bisa membuatnya pada saat menjalankan aplikasi pertama kali.

Adobe Acrobat Reader

Aplikasi ini dapat berfungsi sebagai pembaca berkas PDF, tetapi kegunaan terbaiknya adalah untuk menyunting. Anda dapat menambahkan anotasi seperti sorotan, komentar, coret-coretan, atau teks tambahan. Anda juga dapat mengisi formulir atau menambahkan tanda tangan.

Fungsi tambahan seperti menambahkan halaman baru, menghapus, merotasi, mengkombinasi beberapa berkas PDF dalam satu berkas, serta mengkonversi berkas PDF ke dalam format Microsoft Office, hanya tersedia dalam versi berbayarnya. Adobe Acrobat Reader versi premium ini ter­sedia sebagai layanan berlangganan.

Adobe Acrobat Reader bisa membaca baik berkas yang tersimpan di dalam peranti, atau berkas di penyimpanan daring. Aplikasi ini mendukung baik Adobe Cloud maupun Dropbox.

Bila Anda hanya memerlukan fitur tanda tangan dan pengisian formulir, Adobe Acrobat Reader mungkin Anda akan lebih suka Adobe Fill and Sign.

Adobe Scan

Bila Anda sudah pernah menggunakan aplikasi pemindai sebelumnya, Adobe Scan mungkin tidak akan asing lagi. Adobe Scan mampu memindai berbagai jenis objek, baik dokumen, formulir, maupun kartu nama. Hasil pemindaian akan disimpan sebagai berkas PDF.

Adobe Scan memiliki fitur OCR (optical character recognition), sehingga berkas PDF hasil pindaian Anda akan mengandung teks yang bisa disunting lebih lanjut menggunakan aplikasi lain. Untuk memperbaiki akurasi, Anda bisa mengatur bahasa dokumen yang dipindai.

Bila memindai kartu nama, Adobe Scan akan menawarkan untuk menyimpan data ke dalam buku alamat. Namun aplikasi ini belum bisa menyimpan semua informasi. Pada saat pengujian, aplikasi ini hanya dapat mendeteksi nama, namun tidak dapat mendeteksi alamat surel dan nomor telepon.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

android data digital aplikasi
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top