Kecepatan Unduh-Unggah 5 Operator Seluler Naik Dua Digit

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 17 Desember 2019 | 11:11 WIB
PT Smartfren Telecom Tbk. melakukan uji coba jaringan di terowongan MRT Jakarta Istora Mandiri. Selasa (9/4/2019). Hasilnya, untuk kecepatan unduh  mencapai 63,72 Mbps dan untuk unggah mencapai 4,88 Mbps.
PT Smartfren Telecom Tbk. melakukan uji coba jaringan di terowongan MRT Jakarta Istora Mandiri. Selasa (9/4/2019). Hasilnya, untuk kecepatan unduh mencapai 63,72 Mbps dan untuk unggah mencapai 4,88 Mbps.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Empat dari dari lima operator seluler terbesar di Indonesia mengalami peningkatan kecepatan unduh-unggah lebih dari dua digit selama 6 bulan terakhir. 

Berdasarkan pengukuran yang dilakukan oleh Opensignal pada periode Agustus—Oktober 2019, kecepatan unduh di jaringan empat operator dari lima operator seluler terbesar di Indonesia naik dobel digit. Adapun kenaikan dobel digit dirasakan oleh pengguna di kelima jaringan seluler.

Kecepatan unduh di jaringan Telkomsel naik 23 persen dalam 6 bulan menjadi 12 Mbps dengan kecepatan unggah melesat 46 persen menjadi 5,4 Mbps. Pengguna jaringan PT XL Axiata Tbk. dan PT Hutchison 3 Indonesia juga merasakan kenaikan kecepatan unduh di atas 10 persen dengan kecepatan unggah naik lebih dari 30 persen.

Pelanggan Indosat Ooredoo merasakan peningkatan kecepatan unduh paling tinggi, naik 37 persen menjadi 6,6 Mbps. Kecepatan unggah di jaringan Indosat naik 42 persen menjadi 3,6 Mbps. 

PT Smartfren Telecom Tbk. adalah satu-satunya operator yang kinerja jaringannya relatif stagnan dalam 6 bulan terakhir. Kecepatan unggah Smartfren 1,4 Mbps. Naik tipis 0,2 Mbps. 

Analis Opensignal Peter Boyland mengatakan bahwa secara keseluruhan, operator seluler di Indonesia mencatatkan pertumbuhan kecepatan akses internet yang signifikan.

“Telkomsel, menjadi operator yang paling bersinar dalam metrik [kecepatan unggah] ini, yang melampaui tonggak 5 Mbps dan membawanya ke posisi jauh ke depan,” kata Boyland dalam laporan yang diterima Bisnis.com, Senin (16/12/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Hendra Wibawa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper