Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Operator Perlu Hadirkan Kualitas Jaringan Sempurna untuk Para Pemain Gim

Pelanggan yang gemar bermain gim lebih membutuhkan kualitas jaringan ketimbang kuota data yang murah.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 30 September 2019  |  11:30 WIB
Warga bermain game online di Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Kamis (3/1/2019). - ANTARA/Rahmad
Warga bermain game online di Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Kamis (3/1/2019). - ANTARA/Rahmad

Bisnis.com, JAKARTA -- Konsumsi data dari gim berkontribusi cukup besar terhadap lalu lintas data operator seluler, seiring dengan berkembangnya hobi masyarakat Indonesia terhadap dunia gim. 

Analis Kresna Sekuritas Etta Rusdiana Putra berpendapat saat ini, urutan konsumsi data di pelanggan operator seluler masih didominasi oleh video. Adapun permainan atau gim menempati urutan kedua sebagai layanan yang paling sering digunakan oleh pelanggan. 

Dalam mendorong lalu lintas data dari gim, dia menilai operator harus memperbaiki kualitas jaringan. Pasalnya, para pencinta gim sangat peka terhadap hal ini.

“Untuk gim dibutuhkan stabilitas jaringan dan latensi yang rendah. Dari sisi konsumsi data, masih lebih kecil dibandingkan konsumsi video FullHD untuk setiap jamnya,” ujar Etta kepada Bisnis, Senin (30/9/2019). 

Dia menerangkan pelanggan yang gemar menonton video dan pelanggan yang gemar bermain gim memiliki kebutuhan yang berbeda. 

Jika menonton video, jaringan yang dibutuhkan tidak perlu stabil sebab pelanggan bisa mengunduh video yang ingin mereka tonton. Sebaliknya, untuk bermain gim, jaringan yang diberikan harus benar-benar bagus demi kenyamanan para pelanggan saat bermain. 

“Kalau pelanggan yang senang nonton, kan layanan video on demand itu bisa diunggah, mereka lebih butuh kuota murah [dibandingkan dengan jaringan stabil],” imbuh Etta. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

game online operator telekomunikasi
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top