68 Persen Lalu Lintas Data XL Axiata Disumbang Video

Ada sejumlah strategi yang dilakukan PT XL Axiata Tbk. untuk mendorong pertumbuhan lalu lintas data dari layanan streaming video.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 29 September 2019  |  06:41 WIB
68 Persen Lalu Lintas Data XL Axiata Disumbang Video
Ilustrasi streaming video

Bisnis.com, JAKARTA – Video masih menjadi kontributor lalu lintas data di PT XL Axiata Tbk. Paket Xtra Kuota Zero yang baru diluncurkan merupakan salah satu cara perseroan dalam memanjakan para pelanggan menonton tayangan video.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan perseroan menyediakan beberapa paket untuk memanjakan pelanggan dalam menikmati layanan streaming video, salah satunya paket Xtra Kuota Zero yang belum lama ini dikeluarkan. 

Di samping itu, sambungnya, perseroan juga berusaha menghadirkan jaringan yang terbaik dengan fiberisasi (menggelar jalur transportasi data dengan serat optik) yang terus digenjot hingga akhir tahun.

Saat ini, layanan streaming video seperti YouTube, Facebook, dan Instragram mendominasi lalu lintas data di XL Axiata, dengan porsi mencapai sekitar 68 persen. Penggunaan layanan aplikasi pesan menyusul dengan kontribusi 17 persen dan media sosial sebesar 15 persen.

“Kontribusi trafik terbesar masih dari streaming video YouTube, kemudian menyusul Facebook dan Instagram, dibandingkan layanan film seperti Hooq, Netflix, dan sebagainya,” ungkapnya kepada Bisnis, Jumat (27/9/2019).

Pertumbuhan lalu lintas data di XL Axiata terus terjadi dalam 4 kuartal terakhir. Pada kuartal II/2019, jumlah lalu lintas data di perusahaan tersebut mencapai 820.800 TB, naik 15,54 persen dibandingkan dengan kuartal I/2019.

Sementara itu, pada kuartal I/2019, tercatat terjadi kenaikan sekitar 6,23 persen dibandingkan dengan realisasi kuartal IV/2018, yang mencapai 668.700 TB. Adapun capaian kuartal IV/2018 lebih tinggi 6,98 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top