Bantu Perusahaan Menangi Kompetisi di Era Big Data, Acer Kenalkan Altos

Guna membantu perusahaan memperkuat performa, efisiensi. dan kemampuan dalam mengelola cloud dan data perusahaan di datacenter yang modern pada era big data saat ini, Acer memperkenalkan teknologi Altos.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 25 Agustus 2019  |  03:18 WIB
Bantu Perusahaan Menangi Kompetisi di Era Big Data, Acer Kenalkan Altos
Logo Acer di salah satu pusat komersial di Taipei, Taiwan. - Reuters/Yi-ting Chung

Bisnis.com, JAKARTA – Guna membantu perusahaan memperkuat performa, efisiensi. dan kemampuan dalam mengelola cloud dan data perusahaan di datacenter yang modern pada era big data saat ini, Acer memperkenalkan teknologi Altos.

Teknologi Altos, merupakan rangkaian solusi lengkap yang meliputi ketersediaan server, storage, datacenter modern, High Performance Computing, Virtual Desktop Infrastruktur (VDI) dan Artificial Intelligent (AI) platform serta solusi Internet of Things (IoT).

Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia, menyatakan bahwa Indonesia menjadi negara berikutnya di Asia Tenggara, sesudah Malaysia dan Filipina, yang memperkenalkan solusi teknologi Altos.

“Acer memiliki pengalaman puluhan tahun di Indonesia. Sebagai perusahaan IT yang terus berkembang, kami melengkapi keunggulan itu dengan menyediakan solusi yang dapat memenuhi kompleksitas dan kemampuan memodernisasi lingkungan IT masa depan mereka," ujarnya Sabtu (24/08/2019).

Dia mengatakan bahwa Acer Indonesia dengan bangga menjadi negara berikutnya di Asia Tenggara yang memperkenalkan jajaran produk Altos yang dapat mengisi kebutuhan TI sektor finansial, retail, pendidikan, dan pemerintahan tersebut.

Menurutnya, lewat solusi dan teknologi itu, Acer berharap perusahaan dapat menjadi pendorong adopsi TI modern dalam memberikan fondasi terpercaya bagi pelaku bisnis untuk melakukan pemrosesan data lebih mutakhir sehingga dapat membantu perusahaan dalam memberikan prediksi dan keputusan di melalui prediksi big data.

Ketersediaan solusi teknologi Altos yang diperkenalkan Acer, diharapkan dapat menjadi akselerator divisi TI perusahaan dalam meningkatkan performa dan efisiensi bisnis perusahaan.

Laporan terbaru IDC (2019) untuk spending dan proyeksi revenue yang bisa dihasilkan dari big data, menyebutkan bahwa proyeksi pendapatan yang akan diperoleh perusahaan di seluruh dunia dari big data dan analitiknya mencapai US$260 miliar pada 2022.

Industri yang melakukan investasi terbesar adalah sektor finansial, manufaktur, pendidikan, retail ecommerce, dan pemerintahan.

Gabungan industri ini akan menyumbang hampir US$81 miliar dari pendapatan analitik data di seluruh dunia tahun ini. Mereka juga akan menjadi industri dengan peluang analitik data terbesar pada 2022 ketika total investasi mereka akan menjadi US$129 miliar.

Adapun dengan potensi tersebut, ekonomi digital Indonesia diproyeksi menyumbang US$155 miliar atau 9,5% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2025.

Menurutnya, ketersediaan solusi teknologi Altos menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan untuk mengambil pasar dan keuntungan dari pengelolaan big data tersebut.

Salah satu solusi teknologi Altos itu yakni melalui Altos BrainSphere, sebuah  platform manajemen untuk solusi berbasis artificial intelligence (AI). Altos merupakan vendor pertama yang menyediakan AI workload management ini, lengkap dengan perangkat server yang sudah dioptimisasi sebagai AI development platform yang bisa diberikan kepada para software developer AI.

Solusi teknologi Altos BrainSphere menghadirkan manajemen AI untuk berbagai kebutuhan di sektor retail, security, industri kesehatan, pemerintahan, ecommerce, higher education dan finance.

Adapun ragam bidang untuk pemanfaatan solusi Altos BrainSphere antara lain pemetaan genome, deteksi sel kanker, penerapan smart retail, keamanan data pada sektor finance.

Selain itu, solusi teknologi Altos menghadirkan lini lengkap server mulai dari low end hingga high end. Salah satu solusi yang diperkenalkan adalah cluster server AW2000 dengan 4 node server dalam 1 chassis.

Server AW2000 memberikan kepadatan server dua kali lipat dalam satu datacenter dibanding dengan server konvensional. Dengan lebih banyak server dalam datacenter, pengguna mendapatkan performa jauh lebih tinggi dengan konsumsi daya listrik yang lebih efisien.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
acer, big data

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top