Perusahaan Rintisan Bawa Berkah Bagi Bisnis Cloud

NetApp melihat peluang besar dalam masifnya pertumbuhan perusahaan rintisan di Indonesia.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 21 Agustus 2019  |  13:06 WIB
Perusahaan Rintisan Bawa Berkah Bagi Bisnis Cloud
Portal Cloud berisi layanan-layanan IaaS, SaaS, dan PaaS yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dari pengguna. - Telkomsigma

Bisnis.com, JAKARTA — NetApp melihat peluang besar dalam masifnya pertumbuhan perusahaan rintisan di Indonesia.

Country Manager Net App Indonesia Ana Sopia mengatakan, kerja sama dengan Alibaba Cloud Indonesia meningkatkan peluang bagi NetApp untuk menggarap pasar baru.

Dia mengatakan NetApp telah hadir di Indonesia sejak 2016. Selama 3 tahun beroperasi di Tanah Air, perusahaan telah bekerja sama dengan perusahaan di berbagai sektor industri seperti minyak dan gas, telekomunikasi, manufaktur, serta ritel.

“Pelanggan kami merata, tidak hanya spesifik pada satu perusahaan. Komposisi saat ini kami banyak bermain di sektor energi,” kata Ana, Selasa (20/8/2019).

Dia mengatakan lewat layanan komputasi awan terintegrasi yang disediakan bersama Alibaba Cloud, NetApp mengincar perusahaan teknologi rintisan.

Perusahaan rintisan merupakan pasar potensial karena banyak perusahaan tersebut yang bergerak di sektor business-to-consumer sehingga bisa mengambil banyak manfaat dari komputasi awan.

Ana mengatakan, berdasarkan hasil riset International Data Corporation (IDC) pada 2020, sekitar 30% dari perusahaan di Indonesia diperkirakan akan mengimplementasikan platform multi-komputasi awan untuk memaksimalkan kapabilitas layanan komputasi awan sambil mengelola aset pribadi dengan teliti.

Dia mengatakan untuk menghadapi tantangan tersebut, hadirnya pilihan platform komputasi awan yang beragam dan kemampuan dalam mengelola data dengan benar menjadi kunci keberhasilan.

"Hybrid Cloud menjadi langkah tepat bagi pebisnis yang ingin bertransformasi secara digital Oleh karena itu, kami menghadirkan NetApp@ Private Storage (NPS) for Cloud dengan berkolaborasi bersama Equinix dan Alibaba Cloud," jelas Ana. 

Koloborasi NPS for Cloud dengan Equinix dan Alibaba Cloud memberikan fleksibilitas dan kemudahan bagi pengguna untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang selalu berubah, seperti menjawab kebutuhan pasar dan membuat produk baru, yang memerlukan fleksibilitas sehingga pengelolaan data dapat dilakukan di mana dan kapan saja. 

Sebelumnya, NetApp Indonesia telah melakukan uji coba terhadap NPS for Cloud di Indonesia dengan Alibaba Cloud dan colocation pada Platform Equinix, dengan memberikan kendali sepenuhnya terhadap data bagi para pelanggan. Uji coba menunjukkan hasil latensi yang jauh lebih rendah dengan latensi jaringan sebesar 0,39 ms dan latensi disk (dengan pengaturan SAS) sebesar 1,4ms2. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cloud computing

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top