Alibaba Cloud Makin Gencar Incar Perusahaan Rintisan di Indonesia

Alibaba Cloud Indonesia menggandeng NetApp dan Equinix untuk menyediakan solusi komputasi awan hibrida (hybrid-cloud) bagi konsumen di Indonesia.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 21 Agustus 2019  |  13:01 WIB
Alibaba Cloud Makin Gencar Incar Perusahaan Rintisan di Indonesia
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kanan) berbincang dengan Alibaba Cloud General Manager of Singapore and Indonesia Leon Chen, di sela-sela acara Hello Indonesia 2019, di Jakarta, Rabu (9/1/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Alibaba Cloud Indonesia menggandeng NetApp dan Equinix untuk menyediakan solusi komputasi awan hibrida (hybrid-cloud) bagi konsumen di Indonesia.

Target utama kerja sama ini adalah perusahaan rintisan atau start up yang membutuhkan fleksibilitas solusi komputasi awan dengan tetap taat terhadap kewajiban penyimpanan data di dalam negeri.

Country Manager Alibaba Cloud Leon Chen mengatakan kerja sama dengan NetApp dan Equinix memberikan pengguna Alibaba Cloud ekosistem komputasi awan yang terintegrasi dan fasilitas penyimpanan data di peladen (server) milik sendiri (on-premise).

Koloborasi ini merupakan cara perseroan dalam menghadirkan rangkaian produk dan solusi yang komprehensif, mengingat pelanggan di Indonesia memiliki kebutuhan yang beragam.

“Bagi pelanggan yang ingin membangun ekosistem cloud hybrid dan tetap mempertahankan kecepatan serta mematuhi hukum, mereka dapat memilih solusi yang disediakan oleh NetApp dan Alibaba Cloud,” kata Chen, Selasa (20/8/2019).

Chen menambahkan kolaborasi yang dilakukan juga merupakan upaya perseroan dalam memperlancar rencana Alibaba pada 2020.

Sebelumnya, Alibaba Cloud Indonesia, perusahaan penyedia layanan komputasi awan asal China, menargetkan akan melayani 2.000 korporasi pengguna pada 2020.

Chen optimistis dapat mencapai target tersebut karena Alibaba adalah satu-satunya penyedia layanan komputasi awan publik dengan skala global yang mengoperasikan dua pangkalan data di Indonesia.

Di samping itu, lanjutnya, pengalaman Alibaba di Indonesia yang hampir 4 tahun serta tim lokal berkualitas yang dimiliki, menambahkan keyakinan bahwa mereka dapat mengejar target tersebut.

Chen mengatakan, untuk mengejar target tersebut, salah satu strategi Alibaba Cloud adalah dengan memasang harga yang efektif. Alibaba Cloud juga akan berinvestasi di Indonesia khusus pada riset dan pelatihan pengembang lokal.

“Guna memberikan dampak nyata, kami menargetkan pelatihan untuk 1.000 developers setiap tahun,” kata Chen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
alibaba

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top