Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Operator Seluler Lega Pemerintah Larang Penjualan Zain di Indonesia

Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia   (ATSI) mengapresiasi langkah pemerintah yang hadir dalam menjaga kedaulatan negara dengan melakukan pelarangan beroperasi operator seluler Arab Saudi, Zain.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 24 Juli 2019  |  13:44 WIB
Zain - Repro
Zain - Repro

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia   (ATSI) mengapresiasi langkah pemerintah yang hadir dalam menjaga kedaulatan negara dengan melakukan pelarangan beroperasi operator seluler Arab Saudi, Zain.

Sekretaris Jenderal  Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia  (ATSI) Marwan O. Baasir mengatakan  berdasarkan hasil rapat yang dilakukan antara ATSI, Kemenkominfo, Kemendag dan sejumlah pemangku kepetingan lainnya disepakati bahwa operator Arab Saudi Zain dilarang beroperasi di Indonesia.

Marwan menjelaskan pelarangan tersebut berdasarkan pada sejumlah peraturan yang tertuang pada undang-undang UU 36 tahun 1999 telekomunikasi, undang-undang perlindungan konsumen dan undang-undang adminitrasi pemerintahan.

Dia mengatakan dalam sejumlah peraturan tersebut termuat beberapa asas yang dilanggar oleh Zain seperti kepastian hukum, pemanfaatan, adil dan merata,

“Inikan tidak ada manfaatnya kalau seperti ini jadi perang usaha, karena membuat situasi tidak pasti, karena operator dapat izin punya rencana bisnis,” kata Marwan kepada Bisnis.com, Selasa (23/7/2019).

Selain itu, Marwan mengatakan bahwa kehadiran Zain telah mengganggu kedaulatan negara karena telekomunikasi merupakan salah satu indikator kedaulatan negara.

Dia menuturkan pelarangan yang dilakukan oleh pemerintah merupakan bentuk kehadiran negara menjaga kedaulatannya. ATSI mengapresiasi langkah yang diambil pemerintah.

“ATSI apresiasi apa yang dilakukan oleh pemerintah,” kata Marwan.

 Pelarangan beroperasinya Zain di Indonesia juga dibenarkan oleh Komisioner BRTI Setyardi Widodo. Dia mengatakan sejumlah pemangku kepentingan telah sepakat untuk melarang Zain berjualan di Indonesia.

“Iya betul [Zain dilarang beroperasi di Indonesia,” kata Setyardi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

operator telekomunikasi
Editor : Wike Dita Herlinda
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top