Indonesia & Thailand Paling Manfaatkan IoT di Asean

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 11 Juli 2019 | 10:15 WIB
SAP dan Internet of Things (IoT)/Istimewa
SAP dan Internet of Things (IoT)/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Indonesia dan Thailand menjadi dua negara yang paling merasakan manfaat dari implementasi internet untuk segala (internet of things/IoT) di Asia Tenggara.

IrzaSuprapto, Direktur Asia loT Business Platform, mengatakan berdasarkan survei terbaru yang dilakukan oleh Asia IoT Bussiness Platform (AIBP), disebutkan bahwa sebanyak 10,7% perusahaan di Thailand dan 8,9% perusahaan di Indonesia, khususnya yang bergerak di industrial, telah merasakan manfaat dari pengimplementasian IoT. 

Adapun negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam hanya 2,1%, Filipina 2,8% dan Malaysia 5,1%.

Dia mengatakan kondisi saat ini sesuai dengan apa yang telah AIBP selama 3--4 tahun terakhir. 


Survei AIBP melibatkan 1624 responden yang tersebar di Malaysia, Thailand, Indonesia, Filipina, dan Vietnam. Survei tersebut menyebutkan sejumlah sektor yang memungkinkan untuk dijajaki IoT saat ini adalah sektor ritel dan perumahan, transportasi dan logistik, industrial, perbankan dan pelayanan publik. 

"Perusahaan-perusahaan dari kedua negara paling banyak berinvestasi dalam teknologi dan mulai menuai hasilnya sekarang," kata Irza di Jakarta, Kamis (11/7/2019). 

Irza menambahkan insiatif pemerintah telah diterima dengan optimistik oleh perusahaan lokal di dalam ekosistem sektor Industri 4.0.  

Berdasarkan hasil survei yang sama, sebanyak 43,1% response lokal di dalam industri manufaktur dan 46,2% di dalam industri logistik yakin bahwa transformasi digital telah diimplementasi
di dalam satu atau lebih area fungsional di dalam perusahaan mereka. 

Tidak hanya itu, dalam survei tersebut juga disebutkan bahwa hanya 9% perusahaan yang belum mengimplementasikan transformasi digital di dalam proses bisnis mereka. 

Selain itu, sebanyak 78,6% setuju bahwa perusahaan mereka harus terhubung dan menggunakan alat yang canggih sebagai upaya meningkatkan proses dan operasional perusahaan mereka.

"Ini statistik yang menjanjikan," kata Irza.

Selain menyajikan sejumlah data, rencananya pada 28--29 Agustus 2019, AIBP akan menggelar Konfrensi AIBP ke-32 di Mega Kuningan, Jakarta. Konfrensi tersebut akan berfokus pada Indonesia 4.0. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper