iPodOS Beri Pengalaman Unik Mendesain di iPad

Apple terus berinovasi dengan mengembangkan sistem, salah satunya adalah iPodOS. Ini merupakan sistem operasi yang kuat dengan pengalaman khas iPad.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 04 Juni 2019  |  12:50 WIB
iPodOS Beri Pengalaman Unik Mendesain di iPad
Logo Apple Inc. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Apple terus berinovasi dengan mengembangkan sistem, salah satunya adalah iPodOS. Ini merupakan sistem operasi yang kuat dengan pengalaman khas iPad.

iPadOS dibangun di atas fondasi yang sama dengan iOS, menambahkan kapabilitas baru dan fitur intuitif yang spesifik untuk layar besar dan keserbagunaan iPad.

Craig Federighi, Wakil Presiden untuk Rekayasa Perangkat Lunak Apple mengatakan sistem ini memperkenalkan kepada para pelanggan cara-cara baru untuk bekerja dengan aplikasi di banyak jendela.

Disamping itu, para pelanggan juga mendapatkan lebih banyak informasi dari layar Beranda yang dirancang ulang dan cara-cara yang lebih alami untuk menggunakan Pensil Apple, iPadOS juga dilengkapi dengan iOS 13, dan menjadikannya perangkat yang sempurna bagi konsumen dan pro kreatif yang sama.

“IPad mengubah cara orang bekerja dan mengekspresikan kreativitas mereka, dan dengan iPadOS, kami membawanya lebih jauh dengan menghadirkan kemampuan menarik yang memanfaatkan kanvas yang besar dan keserbagunaan,” kata Craig dilansir dari www.apple.com, Selasa (4/6/2019).

Craig menambahkan, IPadOS juga menghadirkan fitur-fitur menarik, termasuk layar beranda baru dengan widget, multitasking, dan alat-alat baru yang membuat penggunaan Pensil Apple menjadi lebih alami.

Untuk mengetahui lebih lanjut kelebihan sistem operasi iPodOS, berikut sejumlah ulasannya:

Layar Beranda Baru
iPodOS merancang ulang dan memberikan tata letak baru untuk layar beranda sehingga dapat menampilkan lebih banyak aplikasi di setiap halaman. Today View dapat ditambahkan ke layar beranda baru ini, sehingga pengguna dapat memakai akses cepat ke widget untuk mendapatkan sejumlah informasi seperti tajuk utama, cuaca, kalender, acara, kiat, dan lainnya.

Split dan Slide Over
Pengguna iPad sekarang dapat bekerja dengan banyak file dan dokumen dari aplikasi yang sama secara bersamaan dengan pembaruan ke Split View, atau dapat dengan cepat melihat dan beralih di antara beberapa aplikasi di Slide Over. Misalnya, pelanggan dapat membuat email saat melihat email lain berdampingan atau mengakses beberapa aplikasi seperti pesan atau kalender hanya dengan mengusap layar saja.

Lebih Banyak Cara Menggunakan Pensil Apple
Dengan iPadOS, Apple Pencil menjadi lebih terintegrasi ke dalam iPad experience. Pelanggan sekarang dapat menandai dan mengirim seluruh halaman web, dokumen, atau email di iPad dengan menggesekkan Pensil Apple dari sudut layar.

Palet alat yang didesain ulang memberikan akses cepat ke alat, palet warna, bentuk, penghapus objek, penghapus piksel baru untuk menghilangkan bagian mana pun dari goresan dan penggaris untuk menggambar garis lurus sempurna.

Tidak hanya itu, Apple Pencil terasa lebih alami, menggunakan algoritma prediksi canggih dan optimisasi untuk mengurangi latensi hingga dibawah 9 milidetik.

Browsing dengan Safari
iPodOS membuat Safari menjadi lebih baik dari sebelumnya di iPad. iPadOS secara otomatis menghadirkan versi desktop situs web yang diskalakan untuk tampilan iPad, dan mengoptimalkannya dengan sentuhan, sehingga aplikasi web seperti Google Docs, Squarespace dan WordPress berfungsi dengan baik di Safari di iPad. Safari juga mendukung fitur-fitur baru seperti pengelola unduhan, 30 pintasan keyboard baru dan penyempurnaan manajemen tab.

Pengeditan Teks yang Lebih Baik
iPodOS membuat pembaruan besar untuk pengeditan teks pada iPad. iPodOS membuat pengeditan teks menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Teks dapat diedit hanya dengan megusap layar sehigga kegiatan untuk memotong, menyalin, menempel dan membatalkan bisa dilakukan dengan mudah

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
apple

Editor : Tegar Arief

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top