Indosat Perbesar Kapasitas Jaringan Selama Musim Mudik

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 31 Mei 2019 | 16:36 WIB
Pegawai Indosat Ooredoo memantau kualitas jaringan di i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center)/Indosat
Pegawai Indosat Ooredoo memantau kualitas jaringan di i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center)/Indosat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Indosat Tbk. telah menyiapkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi pada periode mudik dan perayaan Lebaran.

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo, Dejan Kastelic mengatakan bahwa pihaknya telah meningkatkan kapasitas data sebesar 15% lebih lega dari kapasitas data regular harian. Kapasitas data yang disiapkan ini untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 15%—20%.

Tidak hanya itu, dia menambahkan untuk mengantisipasi kenaikan trafik di titik-titik terpadat, Indosat Ooredoo juga telah menyiapkan 100 mobile BTS secara nasional.

“Sejalan dengan tren digital dan penggunaan media sosial masyarakat yang terus meningkat, kesiapan kapasitas layanan data menjadi hal yang sangat penting,” kata Kastelic dalam rilis yang diterima Bisnis, Jumat (31/5/2019).

Di sampingn itu, penggelaran infrastruktur 4G yang juga menjadi bagian dari persiapan jaringan Lebaran telah dilakukan secara nasional. Jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo telah menjangkau 422 kota/kabupaten dan 80% populasi masyarakat Indonesia.

Kastelic menambahkan dukungan infrastruktur jaringan 4G Plus akan semakin meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan berkomunikasi di jaringan Indosat.

“Penambahan sumber daya yang akan melakukan monitoring jaringan menjadi komitmen kami untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat kami antisipasi semakin baik pada momen penting tersebut,” kata Kastelic.

Indosat Ooredoo juga memantau kondisi jaringan telekomunikasi selama Ramadan dan Mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional.

Monitoring jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring bahkan sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim layanan pelanggan sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper