Yield Data Rendah Bukan Berarti Operator Rugi

Teknologi generasi ke-4 membuat pemakaian data oleh pelanggan lebih tinggi dibandingkan dengan pemakaian teknologi 2G dan 3G.
Yield Data Rendah Bukan Berarti Operator Rugi
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 23 Mei 2019  |  09:58 WIB
Yield Data Rendah Bukan Berarti Operator Rugi
Karyawan XL Axiata melayani pelanggan di Jakarta, Kamis (21/6/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Penurunan pendapatan data per MB atau yield data di industri telekomunikasi tidak menandakan industri telekomunikasi sedang tertekan atau merugi.

Group Head Corporate Communication PT XL Axiata Tbk. Tri Wahyuningsih mengatakan penurunan yield data yang terjadi di perseroan tidak berdampak pada kerugian. Dia menuturkan, penurunan yield terjadi karena dampak perilaku pelanggan yang pindah dari teknologi 2G dan3G ke 4G.

Teknologi generasi ke-4 membuat pemakaian data oleh pelanggan lebih tinggi dibandingkan dengan pemakaian teknologi 2G dan 3G.

“Secara keseluruhan tidak menyebabkan rugi karena biaya layanan (cost to serve) 4G lebih rendah dibandingkan dengan biaya layanan  2G/3G meski secara yield lebih rendah,” kata Ayu kepada Bisnis, Rabu (22/5/2019).

Di samping itu, Ayu juga menampik bahwa penurunan yield pertanda operator jual rugi. Dia mengatakan hal tersebut bisa dilihat dari margin EBITDA yang tetap tumbuh walaupun ada penurunan yield. Lebih lanjut, agar yield tetap bertahan di posisinya atau tumbuh, Ayu mengatakan perseroan melakukan penyesuaian tarif agar tarif data lebih kompetitif termasuk pengurangan bonus.

“Penyesuaian tarif dengan tetap mengedepankan keterjangkauan daya beli pelanggan atau masyarakat,” kata Ayu.

Sebelumnya, berdasarkan laporan Deutsche Bank disebutkan bahwa terjadi penurunan pendapatan data per MB atau yield data dalam 3 tahun terakhir.

Tercatat, pada kuartal IV/2015, yield data setiap operator di kisaran Rp44/MB sampai Rp36/MB. Angka tersebut turun drastis pada kuartal IV/2018 menjadi kisaran Rp10,5/MB sampai Rp5,2/MB. Angka tersebut diperoleh dari total pendapatan data dibagi dengan total pelanggan operator seluler.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata, seluler

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top