Exabytes Akuisisi MWN, Klaim Jadi Perusahaan Hosting Terbesar

Exabytes Capital Group (Exabytes) mengakuisisi PT Master Web Network (MWN) yang berbasis di Indonesia termasuk anak usahanya yaitu PT Cyberdata Technology dan PT Registrasi Nama Domain.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 12 April 2019  |  18:57 WIB
Exabytes Akuisisi MWN, Klaim Jadi Perusahaan Hosting Terbesar
Ilustrasi ruangan server komputer - CC0

Bisnis.com, JAKARTA — Exabytes Capital Group (Exabytes) mengakuisisi PT Master Web Network (MWN) yang berbasis di Indonesia termasuk juga anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya yaitu PT Cyberdata Technology dan PT Registrasi Nama Domain. Akuisisi ini dilakukan melalui perusahaan special purpose vehicle (SPV) Exabytes yang disebut Masterweb International Pte. Ltd.

MWN adalah perusahaan kedua yang dimiliki oleh Exabytes di Indonesia setelah membentuk PT Exabytes Network Indonesia pada tahun 2017. Didirikan pada tahun 1998, perusahaan ini fokus pada penyediaan layanan hosting situs web dan layanan lainnya termasuk nama domain, hosting komputasi awan, VPS, dan managed server. Hingga 2019, MWN merupakan perusahaan hosting terbesar berdasarkan jumlah pelanggan dan peringkat yang diterbitkan oleh HostAdvice, pusat informasi hosting web terkenal.

Cyberdata Technology adalah pangkalan data dan penyedia layanan co-location serta registrasi nama domain yang fokus menawarkan pendaftaran domain. Dengan akusisi ini, Exabytes menjadi perusahaan penyedia hosting terbesar di Indonesia dengan lebih dari 50.000 pelanggan aktif.

Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia mengatakan bahwa layanan perusahaan ini adalah untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mengembangkan bisnis mereka secara online.

"Kami telah melakukan ini di Indonesia sejak 2017 dengan menawarkan layanan hosting dan cloud premium. Seiring pertumbuhan kami, kami juga ingin menambahkan hosting berbiaya rendah sehingga kami dapat melayani lebih banyak pelanggan di negara berpenduduk lebih dari 200 juta orang ini,” kata Indra dalam rilis yang diterima Bisnis, Jumat (12/4/2019).

Indra menambahkan, Exabytes melihat potensi Master Web Network yang memiliki lebih dari 50.000 pelanggan aktif berbayar. Dia mengatakan jumlah pelanggan tersebut menjadi tambahan yang baik untuk grup perusahaan.  

Indonesia kini merupakan negara kedua setelah Malaysia, dengan pangsa pasar terbesar dan posisi kuat yang dimiliki perseroan. Dia menjelaskan, lewat akuisisi tersebut, pihaknya semakin meningkatkan jejak pasar di Indonesia.

"Dengan itu, Exabytes Group secara total saat ini melayani lebih dari 120.000 perusahaan aktif. Kami juga akan mencari sumber daya investasi lain seperti teknologi, otomasi, dan pelatihan bakat ke internal MWN untuk membantu mempercepat bisnis dan terus meningkatkan penawaran layanannya di Indonesia."

Dhiar Lukito Adhi, Pendiri PT Master Web Network mendukung aksi korporasi dari Exabytes ini. Menurutnya, akuisisi ini sangat penting untuk pertumbuhan UKM di Indonesia. "Kami terkesan dengan pendekatan Exabytes untuk membantu UKM mengembangkan bisnis mereka secara online. Dengan sumber daya para ekspertis dan tim profesional yang dimiliki, menjadi kunci bagi bisnis kami untuk terus berupaya menangkap basis pelanggan yang lebih besar dari pengusaha lokal di Indonesia,” kata Dhiar.

Exabytes baru-baru ini juga sukses menyelenggarakan Exabytes Digital Day Roadshow di berbagai kota di Indonesia. Antusiasme peserta yang mayoritas dari UMKM di Indonesia ini terlihat dari jumlah partisipasi serta konversi mereka menjadi pelanggan Exabytes. Sebanyak lebih dari 500 UMKM di 7 kota teredukasi dengan paparan dari para pemateri dari berbagai perusahaan teknologi, pemasaran dan konsultan seperti PRecius Communications dari Singapura, AlfaExpress, Jurnal, dan KoinWorks.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cloud computing

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top