Tahun Ini, XL Akan Perpanjang Fiber Optik 2.500 Km Lagi

Dwi Nicken Tari
Jumat, 5 April 2019 | 07:12 WIB
Bagikan

BIsnis,com, BANYUWANGI—Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. menargetkan untuk memperpanjang kabel fiber optik sekitar 2.500 km lagi pada tahun ini. 

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya menyampaikan, jaringan backbone fiber optik perseroan saat ini telah mencapai lebih dari 45.000 km. Adapun, jaringan data XL Axiata disebut telah menjangkau sekitar 440 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

“Kami masih punya sekitar 2.500 km lagi yang akan dibangun tahun ini. Daerah-daerah yang akan dibangun adalah daerah-daerah yang jelas trafik internetnya sudah tinggi,” tutur Yessie dalam rangkaian XL Axiata Media Gathering 2019 di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (4/4/2019).

Yessie melanjutkan, emiten berkode saham EXCL tersebut akan lebih fokus membangun jaringan fiber optik di daerah investasi sebelumnya, seperti di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi karena dari sisi trafik data mulai memperlihatkan kenaikan.

Sementara untuk daerah di Pulau Jawa, Yessie menambahkan, EXCL akan mempersiapkan redundancy dan pembaruan untuk beberapa jalur kabel fiber optik. 

“Ada beberapa jalur-jalur yang memang sudah perlu diperbarui. Itu juga masuk segmen-segmen yang akan kami investasikan untuk fiber optik tahun ini,” imbuh Yessie.

Selain memperluas fiber optik yang terkait dengan backbone, EXCL juga berencana menggelar fiber optik ke menara atau BTS.

Hingga akhir tahun ini, EXCL menargetkan untuk dapat melakukan fiberisasi terhadap sekitar 10.000 BTS, atau sepertiga dari seluruh BTS yang dimiliki.

Per akhir 2018, EXCL telah memiliki 118.596 BTS,a tau naik 19% daripada tahun sebelumnya sebanyak 101.094 BTS.

Adapun jumlah BTS di luar Jawa tercatat sebanyak 23.750 BTS, atau naik 40% daripada tahun sebelumnya sebanyak 16.986 BTS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper