Telkomsat Dorong UMKM Daerah Terpencil Manfaatkan Internet Satelit

Sholahuddin Al Ayyubi
Rabu, 20 Maret 2019 | 02:10 WIB
Peluncuran satelit Telkom-3/youtube-arianespace.com
Peluncuran satelit Telkom-3/youtube-arianespace.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) melalui Mangoesky berkomitmen mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan layanan internet berbasis satelit di sejumlah daerah terpencil.

Director of Commerce Telkomsat, Bogi Witjaksono menawarkan layanan internet berbasis satelit dari Mangoesky yang dinilai berbeda daripada layanan internet satelit lainnya.

Menurutnya, layanan yang ditawarkan Mangoesky tersebut bisa langsung memperbaiki seluruh kendala teknis dan non teknis melalui pengaduan pelanggan selama 24 jam 7 hari nonstop.

"Hal ini terbukti meningkatkan kepuasan sekaligus kesetiaan pelanggan untuk menggunakan layanan internet Mangoesky. Mangoesky telah banyak mendukung UMKM daerah untuk berkembang dan membantu pemerintah dalam pemerataan akses internet," tuturnya, Selasa (18/3/2019).

Dia menilai kehadiran internet berbasis satelit juga dapat membantu para pemain e-commerce yang kini tengah tren dan bisa membantu pertumbuhan perekonomian digital di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, saat ini keuntungan yang diperoleh dari pasar e-commerce Indonesia meningkat sekitar 6%. E-commerce juga dinilai bermanfaat bagi pelaku UMKM yang mau mengembangkan bisnisnya serta memperluas target penjualannya terutama UMKM di daerah.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) juga telah menargetkan 8 juta UMKM Go Online. Hal tersebut dilatarbelakangi pertumbuhan omzet UMKM yang berlipat ganda melalui sistem online atau e-commerce.

Namun, usaha peningkatan perekonomian daerah melalui ekonomi digital dinilai masih memiliki kendala yang belum tersolusikan dengan baik. Penggunaan teknologi internet untuk memfasilitasi menjamurnya UMKM di pasar e-commerce, belum memiliki cakupan yang luas.

Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga pendistribusian dan pengadaan infrastruktur internet ke daerah-daerah menjadi terkendala. Terlebih lagi untuk daerah-daerah pedalaman yang tidak dapat dijangkau dengan penggunaan fiber optic maupun 4G.

“Untuk mengatasi hal tersebut, Mangoesky dengan layanan internet satelitnya merupakan solusi yang tepat untuk memberikan akses internet di daerah pedalaman dan rural,” tegas Witjaksono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper