Spotify dan Uni Eropa Gugat Apple

Rahmad Fauzan
Kamis, 14 Maret 2019 | 10:46 WIB
Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman/Reuters
Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Spotify dan regulator anti-trust Uni Eropa menggugat salah satu perusahaan teknologi raksasa Amerika Serikat, Apple.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (13/3), gugatan tersebut diajukan karena Apple dianggap secara tidak adil membatasi akses layanan streaming Apple Music terhadap rival-rivalnya.

Spotify, yang diluncurkan pada 2008 silam, mengatakan sejak 2015 kontrol yang dilakukan Apple di layanan App store-nya telah menghilangkan pilihan-pilihan konsumen dan penyediaan layanan audio streaming bagi para pesaingnya dengan tujuan meraup keuntungan.

Dalam gugatan disebutkan bahwa Apple meraup fee sebesar 30% dari konten penyedia layanan yang menggunakan sistem in-app purchase (IAP) milik Apple.

General Counsel Spotify, Horacio Guiterrez, mengatakan, pada 2014 silam Spotify juga mendapatkan tekanan untuk menggunakan sistem tagihan, dan kemudian dipaksa untuk menaikkan jumlah pembayaran fee bulanan untuk layanan premium Apple dari 9,99 euro menjadi 12,99 euro. Padahal, Apple sebelumnya hanya memasang harga 9,99 euro.

Spotify kemudian berhenti menggunakan sistem IAP milik Apple di mana penggunanya kemudian hanya dapat melakukan upgrade paket secara tidak langsung. Salah satu contoh, pengguna Spotify hanya bisa melakukan upgrade menggunakan laptop.

Sporify menambahkan, sesuai dengan aturan App store, konten berbasis aplikasi juga tidak dibolehkan menggunakan link eksternal yang terhubung dengan halaman mengenai informasi produk, program diskon, atau pun promosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper