MIX 360 Esports Gelar IEL University Series 2019

Mix 360 ESports, meluncurkan olahraga terbarunya yang bernama IEL University Series 2019 sebagai salah satu upaya perusahaan tersebut menggenjot industri esports.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 04 Februari 2019  |  00:14 WIB
MIX 360 Esports Gelar IEL University Series 2019
Ilustrasi ESports - Reuters/Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan esports, Mix 360 ESports, meluncurkan olahraga terbarunya yang bernama IEL University Series 2019 sebagai salah satu upaya perusahaan tersebut menggenjot industri esports di Indonesia.

Chief Operational Officer Mix 360 Esports, Harry Kartono, berpandangan bahwa dalam beberapa tahun terakhir esports atau olahraga elektronik telah menjadi industri yang memiliki potensi cukup besar sejalan dengan banyaknya penggemar olahraga game daring di Indonesia. 

Dia menjelaskan berdasarkan data riset dari Niko Partners, disebutkan bahwa 41% dari 266 juta orang Indonesia merupakan penggemar game mobile atau game personal computer (PC).

Data Niko Partners itu juga menyebutkan pendapatan untuk online PC dan mobile game di Indonesia telah mencapai US$606 juta pada 2018 dan diprediksi mencapai US$1.156 juta pada 2022 sejalan dengan pertumbuhan penggemar game di Tanah Air.

"Syarat utama untuk memajukan esports di Indonesia adalah mengubah paradigma tradisional para orang tua dan institusi pendidikan terhadap esports sehingga mereka turut mendukung pembinaan para talenta yang berbakat," tuturnya dalam keterangan resminya pada Minggu (3/2/2019).

Dia menjelaskan alasan pihaknya menggelar IEL University Series 2019 yaitu untuk mempersiapkan calon atlet esports yang berkualitas. Menurutnya, IEL University Series 2019 merupakan kompetisi esports resmi yang pertama kali digelar untuk tingkat universitas di Indonesia.

Acara itu menurutnya juga didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi), dan Indonesia Esports Association (IESPA).

"Misi kami dalam penyelenggaraan IEL University Series 2019 adalah untuk mempersiapkan calon atlet esports, khususnya di tingkat universitas agar bisa masuk ke pelatnas Indonesia untuk Sea Games 2019 di Manila pada akhir tahun ini," kata Harry.

Esports Manager Moonton Indonesia, Lius Andre Saputra, menyambut baik kompetisi itu. Menurutnya, Moonton Indonesia akan mendukung penuh penyelenggaraan IEL University Series 2019 tingkat universitas di Indonesia.

"Adanya liga kompetitif resmi untuk esports adalah perkembangan besar bagi industri esports di Indonesia. Kami akan mendukung penuh acara ini untuk memajukan esports," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
esports, Sea Games 2019

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top