JD.id Terbangkan Drone, Antar Ransel dan Buku Sekolah ke Bogor

Deandra Syarizka
Rabu, 23 Januari 2019 | 12:36 WIB
Drone pengiriman barang JD.ID
Drone pengiriman barang JD.ID
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — JD.com, perusahaan dagang-el asal China, hari ini sukses melaksanakan uji coba penerbangan drone untuk pengiriman barang di Indonesia . Pengiriman menggunakan drone ini diklaim sebagai yang pertama dilakukan di Asia Tenggara.

Kesuksesan uji coba ini berhasil membuka pintu bagi penggunaan drone komersial pada masa depan di wilayah Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

Dalam uji coba terbang drone tersebut, turut hadir perwakilan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang diwakili oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP), TNI AU, dan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) untuk menyaksikan uji coba terbang drone untuk pengiriman barang tersebut.

Penerbangan tersebut berlangsung pada 8 Januari 2019 lalu, di kawasan Jawa Barat, Indonesia. Rute terbang drone berawal dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles dengan tujuan mengirimkan tas ransel dan buku-buku kepada para siswa.

Barang-barang yang dikirim dengan menggunakan drone tersebut adalah sebagian dari donasi peralatan sekolah yang lebih besar dari JD.com ke sekolah tersebut.

“Kami sangat bangga dan senang sekali JD.ID bisa menjadi bagian dari peristiwa bersejarah di Indonesia dalam bidang lompatan dan pencapaian teknologi dengan dilakukannya uji terbang drone untuk yang pertama kalinya oleh sebuah perusahaan swasta. Hal ini menjadi satu bukti kepeloporan, kepemimpinan dan komitmen kami, melebihi dari bisnis utama kami di bidang dagang-el dan juga perusahaan teknologi yang akan berkontribusi secara signifikan terhadap bangsa Indonesia, yang sejalan dengan salah satu misi kami, Advancing Indonesia,” kata CEO JD.ID, Zhang Li, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (23/1/2019).

Kondisi Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, ujar Zhang, membuat negara ini tepat sebagai lokasi penggunaan drone untuk pengiriman dagang-el serta layanan terkait logistik lainnya.

Selain itu, drone juga membantu JD.id mewujudkan cita-citanya untuk dapat mengirimkan 85% pesanan pada hari yang sama atau keesokan harinya. 

JD.id memulai operasi dagang-el pada tahun 2016 lalu. Kini, perusahaan ini telah memiliki lebih dari 1 juta SKU dan melayani lebih dari 20 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

JD.ID memiliki jaringan infrastruktur logistik yang terdiri dari sepuluh gudang di tujuh pulau di nusantara yang mencakup 483 kota dan 6.500 kecamatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Deandra Syarizka
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper