Review Samsung Galaxy J7 Duo: Dual-Camera yang Ringan di Kantong

Hadir dengan harga relatif terjangkau, wajar jika calon pengguna bertanya, apa saja kemampuannya dibandingkan dengan seri pendahulunya?
David Eka Issetiabudi | 10 Juni 2018 14:07 WIB
Ponsel Samsung Galaxy J7 Duo - Samsung

Bisnis.com, JAKARTA — Samsung meluncurkan versi terbaru dari seri ponsel Galaxy J7. Setelah Galaxy J7 Pro, kali ini produsen ponsel asal Korea Selatan tersebut meluncurkan Galaxy J7 Duo.

Hadir dengan harga relatif terjangkau, wajar jika calon pengguna bertanya, apa saja kemampuannya dibandingkan dengan seri pendahulunya?

Ponsel yang dibanderol Rp3.699.000 dan tersedia dalam 3 warna yakni hitam, emas, dan biru. Menjajal secara singkat, ponsel ini cukup menjanjikan dan menggiurkan, jika dilihat dari segi harga dan kemampuan.

Jika dibandingkan dengan Galaxy J7 Pro, harga produk ini tidak berbeda jauh atau masih berada pada kisaran Rp3 jutaan.

Dari segi baterai, J7 Pro disiapkan dengan baterai tanam, sedangkan J7 Duo dilengkapi baterai lepas dengan kapasitas 3.000 mAh. Galaxy J7 Duo pun memiliki fitur ultra data saving yang mampu menghemat daya baterai hingga 50%.

Sepertinya Samsung punya pertimbangan khusus untuk menghadirkan kembali cover belakang dengan bahan plastik yang bisa dibuka dan baterai yang bisa dilepas. Dengan begitu, hal ini pula yang akan menjadi pertimbangan konsumen saat membeli ponsel dengan yang bisa terhubung dengan ekosistem Galaxy.

Perbedaan lain adalah kamera. Galaxy J7 Duo dilengkapi dengan kamera belakang dengan resolusi 13 MP dan 5 MP dengan lensa bukaan F1.9, sementara kamera depan beresolusi 8 MP. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang tidak menggunakan dwi-kamera, namum memiliki resolusi yang sama antara kamera depan dan belakang.

Dari segi prosesor, keduanya memiliki spesifikasi 1,6 GHz octa-core dengan kapasitas penyimpanan internal 32 GB. Perbedaannya, Galaxy J7 Duo memiliki kapasitas RAM 4 GB, lebih besar dari RAM 3 GB yang terpasang di Galaxy J7 Pro.

Redup Cahaya

Jika bicara soal kualitas kamera, J7 Duo memang lebih mumpuni dalam keadaan pencahayaan rendah. Bisnis mencobanya di berbagai tempat. Memang terlihat ponsel yang pertama kali diluncurkan di India ini, memiliki kualitas jepretan lebih detail dalam keadaan low-light.

Selain itu, J7 Duo yang dilengkapi pula dengan fitur Live Focus agar efek bokeh dapat diatur kembali sesuai keinginan pengguna setelah mengambil foto.

Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang melekat dalam J7 Duo melengkapi kinerja AR Sticker yang menjadi salah satu fitur dalam Samsung Galaxy J7 Duo untuk mendeteksi wajah. Dengan fitur pendeteksi wajah, konsumen memiliki opsi pengaman yang lebih beragam.

Hanya saja, dengan menggunakan tipe kunci layar menggunakan biometrik wajah pengguna harus berada dalam ruang atau kondisi dengan pencahayaan yang cukup. Saat membelakangi cahaya (back light), membuka kunci layar dengan metode ini cukup menyulitkan.

Keberadaan AR Sticker membuat pengguna dapat memakai berbagai stiker dengan tema berbeda saat melakukan swafoto. Kamera depannya sudah didukung dengan swafoto fokus sehingga bisa memberikan efek bokeh.

Setelah membuktikan diri memiliki kemampuan kamera yang cukup tangguh, ponsel dengan layar 5.5 inci super AMOLED ini juga memberikan warna lebih cerah tanpa harus menghabiskan daya baterai.

Keberadaan fitur Signal Max untuk kekuatan sinyal dengan lebih baik, juga dianggap sebagai keunggulan untuk memunuhi kepentingan generasi milenial dapat selalu terhubung dengan internet.

Bisnis juga menjajal kemampuan J7 Duo untuk aktivitas gim. Dengan spesifikasi yang tidak sepenuhnya mendukung aktivitas ini, ponsel ini dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin mengisi gawainya dengan satu atau dua permainan, seperti Need For Speed atau Plants vs Zombie.

Bergeser ke pengeras suara. Jika dalam generasi J7 Pro keberadaan speaker diletakkan di sebelah tombol daya, pengeras suara di J7 Duo diletakkan di samping kamera.

Bagi Bisnis, keberadaan pengeras suara di belakang ponsel memang membuat suara lebih menyebar. Akan tetapi, posisi baru ini memberikan risiko suara kurang jelas terdengar sehingga memerlukan volume yang tinggi untuk mendengarkan musik ataupun video.

Terlepas dari plus dan minus yang ada, ponsel ini diproyeksi akan merebut perhatian pasar. Kembali lagi, karena harga yang terjangkau, dengan spesifikasi yang diklaim mirip ponsel dengan harga Rp6 jutaan.

Jika Anda belum membeli ponsel ini saat pra-order, bersabar karena J7 Duo memang belum dilepas di outlet resmi Samsung atau vendor lain.

Tag : smartphone
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top