Telkomsigma Luncurkan Mobile Cloud Incar Sektor Ritel

Fatkhul Maskur
Kamis, 10 Mei 2018 | 23:59 WIB
Portal Cloud berisi layanan-layanan IaaS, SaaS, dan PaaS yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dari pengguna. /Telkomsigma
Portal Cloud berisi layanan-layanan IaaS, SaaS, dan PaaS yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dari pengguna. /Telkomsigma
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsigma, perusahaan penyedia solusi teknologi informasi terintegrasi yang dikenal kuat dalam layanan korporasi, merambah sektor ritel dengan meluncurkan aplikasi bergerak "Mobile Cloud, My Cloud SME dan Portal Cloud".

"Transformasi digital merupakan fenomena yang tidak bisa dihindari. Tantangan yang dihadapi masyarakat Indonesia dan usaha kecil menengah adalah bagaimana memaksimalkan penggunaan infrastruktur IT yang efisien dengan harga terjangkau," kata Direktur Retail Business Solution Telkomsigma Achmad Soegiarto di Jakarta, Kamis (10/5/2018).

Mobile Cloud adalah sebuah layanan yang dapat diunduh melalui play-store. Layanan mobile cloud juga merupakan layanan "three in one", seperti personal storage, mail dan chat, di tambah fitur travel dan transaksi voucher games.

Menurut Soegiarto, ke depannya akan semakin banyak fitur yang di tambahkan seperti pembayaran telepon, pembelian pulsa, asuransi dan lain lain.

Khusus Ramadhan 2018, ujarnya, Mobile Cloud tidak hanya memberikan free storage 16 GB selama 3 bulan, namun juga memiliki program menarik yaitu pembagian THR bagi pengguna yang beruntung, hanya dengan download, register dan sharing di social media.

Selain itu, melalui fitur travel, pengguna dapat melakukan pembelian tiket kereta, pesawat dan hotel, khusus untuk pesawat pengguna bisa mendapatkan diskon voucher hingga nominal Rp300.000 untuk seluruh maskapai pada Ramadan.

"Melalui Mobile Cloud, pengguna dapat melakukan backup data di memori ponsel apabila terjadi kerusakan atau hilang. Manfaat lain mendapatkan account email dan berkomunikasi dengan text, voice call dengan layanan chat," ujarnya.

Telkomsigma juga menghadirkan solusi My Cloud SME inovatif, layanan cloud yang diperuntukkan khusus untuk mendukung bisnis UKM di Indonesia, di mana memungkinkan perusahaan membuat dan mengelola group pengguna, besaran media penyimpanan serta keamanan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya.

Portal Cloud merupakan wadah inovator-invator di Indonesia untuk dapat mengembangkan produk-produk berbasis cloud, baik dari sisi infrastruktur maupun pemasaran produknya. Portal Cloud berisi layanan-layanan IaaS, SaaS, dan PaaS yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dari pengguna.

Dalam rangka memperkenalkan Portal Cloud ini, Telkomsigma mengadakan program SaaS Accelerator, di mana program ini merupakan lomba pengembangan aplikasi berbasis SaaS yang dikembangkan melalui portal cloud. Sesuai dengan visi portal cloud menjadi Home of IT Startup di Indonesia.

"Melalui kompetisi ini untuk para developer di seluruh Indonesia, dapat menunjukan hasil karyanya dan membuktikan bahwa aplikasi tersebut akan menjadi startup terkemuka di Indonesia," ujar Achmad Soegiarto.

Kompetisi akan dilaksanakan selama Ramadan-Lebaran bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 2018 pada 20 Mei hingga 20 Agustus 2018. Sebanyak 17 peserta terbaik akan dipilih untuk masuk final yang akan diumumkan pada 4 September, serta pitching akan dilaksanakan pada 10-15 September 2018, dan penghargaan pemenang diumumkan pada 17 September 2018

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper