Mantan CEO Cantik Yahoo Curhat di Tumblr, Ini Isi Lengkapnya

Yustinus Andri DP
Rabu, 14 Juni 2017 | 14:15 WIB
Marissa Mayer/Cnet.com
Marissa Mayer/Cnet.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Hari ini, Rabu (14/6/2017) secara resmi menjadi hari pertama bagi Marissa Mayer sebagai mantan bos Yahoo. Hal itu terjadi setelah Verizon Communications resmi mengakuisisi Yahoo US$4,48 miliar. 

Akibat dari kasi korporasi itu, Mayer akhirnya harus meletakkan jabatannya sebagai CEO Yahoo yang diembannya selama lima tahun. Namun, rupanya rentang waktu lima tahun bukanlah waktu yang singkat bagi Mayer.

Pasalnya begitu banyak kenangan yang didapatnya di perusahaan teknologi tersebut. Kenangan-enangan tersebut dirangkum sendiri dalam sebuah surat yang dialamatkan ke seluruh pegawari Yahoo oleh Marissa melalui akun Tumbblr-nya yakni marrisamy. Berikut isi surat tersebut:

 

Nostalgia, Bersyukur & Optimisme

 

Transaksi Yahoo dan Verizon telah ditutup pagi ini. Ini adalah email yang saya kirim ke perusahaan, dengan melihat ke belakang dalam 5 tahun terakhir dan keseluruhan sejarah perusahaan.

************************************************** ***********

323 hari yang lalu, kami mengumumkan bahwa Verizon akan mengakuisisi bisnis operasi Yahoo. Hari ini, saya pun akhirnya mengumumkan bahwa transaksi itu telah selesai dan ditutup secara resmi. Untuk mencapai momen ini tentu kita telah telah menempuh perjalanan yang panjang, dan momen ini telah menandai berakhirnya era bagi Yahoo, dan juga awal sebuah babak baru.  Inilah adalah saat yang emosional bagi kita semua. 

Mengingat adanya perubahan yang melekat pada peran saya di perusahaan ini, maka saya harus meninggalkan perusahaan. Namun, saya ingin kalian semua tahu, bahwa saya saat ini tengah dipenuhi dengan nostalgia, rasa syukur, dan optimisme.

Merupakan kehormatan dan kebanggan yang paling besar dalam hidup saya ketika menjadi bagian dari tim ini selama 5 tahun terakhir. Bersama-sama, kita telah membangun kembali, menemukan kembali, memperkuat, dan memodernisasi produk, bisnis, dan perusahaan ini.

Ketika melihat kembali waktu-wakti saya di Yahoo, kita telah banyak sekali menghadapi tantangan bisnis yang tampaknya tidak dapat diatasi, disertai banyak tikungan dan rintangan yang mengejutkan.

Saya telah melihat tim ini menangani rintangan dan tantangan itu dengan cara yang tidak hanya membuat Yahoo menjadi perusahaan yang lebih baik, tapi juga membuat tim ini menjadi jauh lebih kuat.

Selama 5 tahun terakhir ini pula, kita telah membangun produk yang memuaskan bagi penggunakita, berfokus pada bisnis klien, memberikan nilai penting bagi para pemegang saham, dan berusaha menjadikan Yahoo tempat terbaik untuk bekerja. 

Saya ingin meluangkan waktu sejenak untuk mengingatkan Anda akan beberapa dari banyak prestasi kita bersama. Mereka luar biasa, dan kita semua harus sangat bangga.

Kepada pengguna kami: Kami telah meningkatkan produk kami agar lebih modern dan menarik, terutama untuk seluler

*Kami menjadi 1 dari 3 perusahaan internet di dunia dengan lebih dari  1miliar pengguna bulanan

*Kami mengembangkan pengguna seluler bulanan kami menjadi lebih dari 650 juta (salah satu yang terbesar di dunia) dengan meluncurkan dan meningkatkan produk kami untuk perangkat seluler.

*Kami secara maksimal memfokuskan strategi produk kami, yakni dengan memberikan 150+ ragam produk dan fitur

*Kami berinvestasi dalam aplikasi sistem pencarian otomatis, membangun penawaran yang memanfaatkan kekuatan dari Microsoft, Google dan Yahoo, untuk memberikan penelusuran yang ditingkatkan secara drastis kepada pengguna kami dan menarik kemitraan yang berdampak, seperti Mozilla

*Kami secara fundamental juga telah meningkatkan kinerja Yahoo Mail, dengan benar-benar menulis ulang sebagian besar infrastruktur untuk menyediakan sistem yang jauh lebih fleksibel dan andal, sekaligus menciptakan penawaran seluler yang hebat. Mobile Mail baru saja melampaui desktop Mail pada pengguna harian, yang menunjukkan kekuatan produk dan platform yang kami ciptakan kembali

*Kami berinvestasi di tampilan beranda (homepage) dan key vertical  yang berisi berita, olahraga, keuangan, dan gaya hidup.  Dan, mereka telah menemukan hal-hal baru itu berikut di ponsel melalui aplikasi Yahoo, Yahoo Finance, Yahoo Sports, dan Yahoo Fantasy. Sulit dipercaya, namun pada tahun 2012, kami tidak memiliki salah satu dari 4 aplikasi itu di iOS atau Android, kami tidak mengembangkan aplikasi asli, dan kami tidak menggunakan merek yang seperti itu di luar desktop. . Saat ini, pengguna kami secara kolektif menghabiskan waktu setara dengan 1.400 tahun untuk produk ini setiap hari.

*Kami memperkuat pertahanan keamanan siber kami dengan inisiatif lintas perusahaan seperti SSL, HTML5, Account Key, dan HTTPS

*Kami berkomitmen dan berinvestasi dalam keunggulan teknis dalam arsitektur kami, mengurangi insiden yang berdampak negatif bagi pengguna hingga lebih dari setengah selama 5 tahun terakhir.

*Kami memenangkan 2 pengharahhan Apple Design Awards pada 2013 dan 2014, dan menempatkan disain produk terpadu di depan dan di pusat dengan Fuji

*Kepada pengiklan kami: Kami benar-benar membangun kembali bisnis periklanan kami, dan kami selalu menempatkan klien terlebih dahulu

*Kami membangun kembali teknologi iklan Yahoo di segmen iklan digital yang paling cepat berkembang  seperti mobile, video, native, dan social (the Mavens)

* Kami mengirimkan US$ 2 miliar + di Mavens GAAP Revenue tahun lalu (42% dari pendapatan Yahoo!) Naik 10x dari US$ 200 juta di tahun 2012 dan pada dasarnya nol pada 2011

*Pendapatan GAAP mobile kami tahun lalu hampir $ 1.5B, menjadikan kami salah satu platform iklan seluler terbesar di dunia

* Kami mempelopori iklan asli dan pencarian melalui Yahoo Gemini, sepenuhnya dari nol, dan sekarang sudah menghasilkan lebih dari US$1 miliar pendapatan setiap tahunnya

* Kami mengakuisisi BrightRoll dan Flurry untuk menghasilkan pendapatan baru yang substansial di area yang selaras dengan area pertumbuhan strategis video dan seluler kami

* Kami secara dramatis merampingkan rangkaian produk iklan kami, memperbaiki fungsi lelang dan exchanges, dan membuat format iklan kami bekerja lebih baik bagi pengiklan sekaligus meningkatkan desain produk kami

Kepada pemegang saham kami: Saham Yahoo sudah menembus level tertinggi 17 tahun, naik tiga kali lipat sejak Juli 2012

* Kami mengamati terciptanya kapitalisasi market dan nilai pemegang saham senilai US$45 miliar. Kapitalisasi pasar mengalami perubahan dari US$ 18 miliar menjadi US$53 miliar (meningkatkan valuasi kami sebesar US$ 35 miliar), sementara kami mengembalikan hampir US$ 10 miliar tunai kepada pemegang saham.

* Kami membeli kembali 27% saham kami yang beredar dengan harga rata-rata US$ 28,64. Skala pembelian kembali ini hampir belum pernah terjadi sebelumnya dalam ukuran, efisiensi dan pertambahannya.

* Kami mencoba merundingkan kemampuan untuk mempertahankan 122 juta saham tambahan Alibaba setelah IPO. Saat ini, saham tersebut memberi tambahan nilai US$ 9 miliar di luar harga IPO.

* Kami menghasilkan lebih dari US$ 800 juta uang tunai dengan melisensikan dan menjual paten non-inti dan real estat

* Kami membangun kembali Yahoo dengan tenaga kerja paling efisien dan beroperasi dengan struktur biaya terendah dalam lebih dari satu dekade terakhir

Kepada para karyawan: Kita telah membantu menghidupkan budaya terbaik Yahoo

* Kita meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan inovasi dengan FYI, Corporate Goals, PB&J, dan Hackdays

* Kita mengembangkan benefit termasuk makanan gratis, memperpanjang masa cuti melahirkan dan cuti ayah,  mendorong penggunaan produk Yahoo dengan menyediakan smartphone untuk karyawan

* Kami memprioritaskan pemberdayaan kepemimpinan, keragaman & inklusi, dan memberikan kembali lewat Yahoo for Good

* Kami dengan cara yang strategis mengasah kembali tenaga teknis dan penjualan, dengan tenaga kerja yang menjadi 48% teknologi dan 25% penjualan

Dengan langkah saya melihat kembali pencapaian di masa lalu tersebut, saya dengan tulus ingin mengucapkan terima kasih untuk setiap karyawan Yahoo, di masa lalu dan saat ini, atas kontribusi kalian.

 Saya sangat bersyukur untuk segala kerja keras dan pengorbanan yang telah kalian berikan. Kita selalu ingin melakukan hal yang baik bagi pengguna, pengiklan, pemegang saham, dan partner Yahoo. Ini menjadikan tim kerja yang sangat mengesankan, inovatif, dan kompak dari yang pernah saya alami. Bekerja dengan kalian telah membuat masa saya bekerja sebagai CEO menjadi keistimewaan yang singkat.

Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada para pendiri Yahoo, Filo dan Jerry. Setiap mimpi liar pengusaha adalah mengubah dunia dengan ide mereka, dan kalian berhasil melakukan itu. Sejak hari pertama, kalian sangat membantu kami menciptakan salah satu perusahaan istimewa di sepanjang sejarah  di mana perusahaan telah  mempekerjakan lebih 175.000 orang, menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 77 miliar, dan telah menginformasikan, menghubungkan, dan menghibur sebagian besar manusia dunia. kalian telah menginspirasi kita semua dengan otak brilian, nilai, gairah, dan saya selamanya berutang kepada kalian dan saya juga akan tetap menjadi fans terberat kalian :-)

 

Yaho-o-oo!

Marissa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper