Juara Bukalapak Development Competition Tawarkan Platform Lelang dan Pesan Barang

Agne Yasa
Minggu, 11 Juni 2017 | 12:33 WIB
VP of Engineering Bukalapak Ibrahim Arief menyerahkan hadiah ke pemenang Bukalapak Development Competition 2017
VP of Engineering Bukalapak Ibrahim Arief menyerahkan hadiah ke pemenang Bukalapak Development Competition 2017
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pemenang Bukalapak Development Competition 2017 menciptakan berbagai aplikasi inovatif, seperti platform lelang dan fitur pesanan oleh pembeli.

Bukalapak Development Competition merupakan kompetisi yang ditujukan untuk para developer mengembangkan aplikasi mobile baru yang berkaitan dengan Bukalapak, dengan menggunakan API Bukalapak baik di platform Android atau iOS.

Kompetisi menjaring ratusan aplikasi mobile yang inovatif hasil karya para pengembang di seluruh Indonesia. Hadiah yang diberikan lebih dari Rp250 juta.

VP of Engineering Bukalapak Ibrahim Arief mengatakan Bukalapak Development Competition bertujuan untuk mendorong tumbuhnya ekosistem pengembang di Indonesia.

"Berbagai karya  yang masuk menunjukkan bahwa kreativitas para developer Indonesia sangat luar biasa, 10 tim terbaik di tahap final telah dibimbing langsung oleh tim developer Bukalapak untuk penyempurnaan produk yang dihasilkan. Di tahap final ini juga akan disaring menjadi 5 tim terbaik yang berhak mendapatkan hadiah,” ujar IbrahimArief dalam siaran pers Bukalapak kepada Bisnis, Minggu (11/6/2017).

Penilaian pada kompetisi ini dilakukan berdasarkan sejumlah aspek, diantaranya adalah ide dan implementasi. Ide produk yang diusulkan adalah ide yang paling inovatif, bermanfaat, aman dikembangkan, layak tampil (feasible), serta mudah diimplementasikan. Salah satu komponen penilaian yang paling penting adalah bagaimana peserta bisa melakukan eksekusi ide yang dimiliki menjadi sebuah mobile apps yang bagus serta berguna bagi masyarakat.

“Kami berharap kompetisi ini ke depannya secara konsisten kami selenggarakan agar terus mewadahi kreativitas para developer di Indonesia untuk menaikkelaskan UKM serta mampu memberikan nilai tambah bagi para pengguna Bukalapak di seluruh Indonesia,” kata Ibrahim.

Pemenang utama Bukalapak Development Competition 2017 adalah Tim BukaLelang dengan aplikasi mobile BukaLelang. Aplikasi ini bertujuan untuk mengatasi masalah lelang secara online yang selama ini hanya bisa dilakukan di media social sosial secara manual.

Kehadiran platform BukaLelang akan membantu memudahkan masyarakat dalam hal lelang dan akan menekan potensi kecurangan maupun kerugian lainnya. Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa diakses secara realtime oleh penggunadan dijamin aman, terpercaya, dan mudah.

Perwakilan dari Tim BukaLelang Diky Arga mengatakan kompetisi inimerupakan pengalaman berharga serta motivasi baginya untuk terus belajar dan mengembangkan minatnya terhadap dunia mobile.

"Saya merasa tertantang dan berharap dapat berkontribusi kelak untuk negeri melalui minat saya ini”, ujar Diky.

Juara kedua adalah Tim GG Vol.2 dengan aplikasi mobile BukaKayakGini. BukaKayakGini merupakan aplikasi yang membuat pembeli bisa mengumumkan barang yang diinginkan ke semua pelapak. Pelapak yang memiliki barang tersebut kemudian bisa menghubungi pembeli untuk menawarkan.

Setelah itu, pembeli akan memilih barang yang ditawarkan oleh pelapak sesuai dengan keinginan pembeli. Aplikasi ini juga bertujuan membuat pelapak lebih aktif dalam menawarkan produknya.

Pemenang ketiga adalah Tim Meja Makan dengan aplikasi mobile Taplak (Tap Bukalapak). Juara keempat diraih oleh Tim Ikan Rere dengan aplikasi mobile Snapper dan Juara kelima diraih oleh Tim BukaBanding dengan aplikasi mobile BukaBanding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper