Cara Upload Aplikasi ke Play Store dan Biayanya, Gratis?

Hesti Puji Lestari
Senin, 26 Februari 2024 | 14:59 WIB
Cara mengupload aplikasi ke PlayStore. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Cara mengupload aplikasi ke PlayStore. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa orang mungkin bertanya-tanya bagaimana cara upload aplikasi ke Play Store karena dianggap sulit, namun jika sudah mengetahui caranya, upload aplikasi ke Play Store sangatlah mudah dilakukan. Berikut adalah cara upload aplikasi ke Play Store dengan mudah yang mungkin belum Anda ketahui.

Google Play Store adalah toko online di Android yang memudahkan lebih dari 2,5 miliar pengguna bulanan di 190+ pasar di seluruh dunia untuk menemukan jutaan aplikasi, game, buku berkualitas tinggi, dan banyak lagi.

Tahukah Anda, menjual aplikasi di Play Store bisa menjadi salah satu sumber cuan yang bisa Anda jajal pada tahun 2024 ini. Jika Anda adalah orang yang pandai membuat aplikasi, maka kini saatnya menjual atau mengupload aplikasi Anda ke Play Store.

Cara upload aplikasi ke Play Store juga sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini agar berhasil.

Cara Upload Aplikasi ke Play Store dengan Mudah

1. Buat Akun Google Developer

Sebelum masuk ke proses pengunggahan aplikasi di Play Store, Anda perlu mendaftar akun Google Developer terlebih dahulu. Langkah ini sangat penting karena tanpanya, Anda tidak dapat memublikasikan aplikasi Anda di Google Play Store.

Anda perlu membayar sekali sebesar $25 sebagai biaya pendaftaran Google Developer, kemudian Anda harus menambahkan informasi pribadi seperti nama pengembang, email kontak, URL situs web, dan menandatangani perjanjian distribusi Pengembang Google Play. 

2. Tambahkan Akun Merchant

Jika Anda memiliki strategi monetisasi aplikasi seperti bayar per unduh (PPD) atau pembelian dalam aplikasi (IAP), Anda harus memiliki profil pembayaran, yang juga dikenal sebagai akun Google Merchant.

Ini membantu Anda melacak penjualan aplikasi, menganalisis laporan, dan mengelola pembayaran bulanan Anda.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu:

  • Masuk ke Konsol Play menggunakan akun pengembang Anda
  • Di menu, klik Laporan dan pilih Laporan Keuangan
  • Klik "Siapkan akun pedagang sekarang"
  • Isi detail bisnis Anda
  • Klik Kirim
  • Profil pedagang Anda secara otomatis tertaut ke akun pengembang Anda, jadi jangan khawatir.

3. Buat Aplikasi Anda di Google Console

Setelah menyiapkan akun merchant, kini Anda bisa membuat aplikasi di akun developer Google yang sudah Anda buat sebelumnya.

Siapkan aplikasi Android Anda dalam format APK (Android Package Kit) atau AAB (Android App Bundle). Pastikan aplikasi sudah siap untuk didistribusikan dan sesuai dengan panduan pengembangan Google Play.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih “Semua Aplikasi” dari Menu
  • Klik "Buat Aplikasi"
  • Pilih pengaturan bahasa default dari menu drop-down
  • Masukkan judul lamaran Anda tidak lebih dari 30 karakter
  • Klik pada "Buat"
  • Judul aplikasi Anda ditampilkan di Google Play setelah dipublikasikan. Anda selalu dapat mengubah judul aplikasi Anda nanti, jadi tidak banyak yang perlu dikhawatirkan di sini.
  • Setelah aplikasi dibuat, Anda akan menuju ke halaman entri toko untuk mengisi detail listingan toko.

4. Siapkan Daftar Toko

Pada langkah ini, Anda perlu menyiapkan informasi tentang aplikasi untuk ditampilkan di Google Play Store. Karena ini adalah detail yang akan ditampilkan kepada pelanggan Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan tim branding Anda untuk membuat profil aplikasi yang tepat.

Isi informasi penting seperti nama aplikasi, deskripsi, tangkapan layar, ikon aplikasi, kategori, dan informasi lainnya yang diperlukan.

Berikut informasi penting selengkapnya:

  • Pilih desain toko yang sesuai dan mudah diingat (50 karakter), deskripsi singkat (80 karakter) dan deskripsi lengkap (4000 karakter)
  • Tambahkan tangkapan layar aplikasi Anda, ikon, gambar, video, dan elemen grafis lainnya
  • Tambahkan terjemahan informasi aplikasi Anda ke bahasa lain
  • Dari menu tarik-turun, pilih kategori dan jenis aplikasi Anda
  • Tambahkan informasi kontak Anda seperti, email, nomor telepon dan situs web
  • Tambahkan tautan ke kebijakan privasi Anda yang mengungkapkan cara aplikasi Anda mengumpulkan, membagikan, dan menggunakan data

5. Unggah Paket Android Kit (APK)

Terakhir, saatnya mengunggah file APK aplikasi Anda. APK adalah format file yang digunakan Android untuk menyimpan, mendistribusikan, dan menginstal aplikasi di perangkat seluler Android.

APK Anda dapat diunggah cukup dengan drag and drop file APK, atau bisa dengan menelusuri file APK melalui file explorer di komputer Anda. Masuk ke Google Play Console dan pilih opsi untuk mengunggah aplikasi baru. Ikuti petunjuk untuk mengunggah file APK atau AAB dari aplikasi Anda.

Begini caranya:

  • Klik "Manajemen Rilis" dari menu di sisi kiri
  • Klik "Rilis Aplikasi"
  • Pilih jenis rilis.
  • Anda dapat memilih antara pengujian internal, tertutup, terbuka, atau produksi

6. Atur Harga dan Distribusi

Tentukan apakah aplikasi Anda akan ditawarkan secara gratis atau berbayar, serta negara atau wilayah mana yang akan menerima aplikasi Anda.

7. Uji Aplikasi

Sebelum mempublikasikan aplikasi, lakukan pengujian gründlich untuk memastikan tidak ada bug atau masalah lain yang dapat mengganggu pengguna.

8. Publikasikan Aplikasi

Setelah semuanya siap, publikasikan aplikasi Anda di Google Play Store. Anda akan melalui proses tinjauan oleh Google sebelum aplikasi tersedia untuk diunduh oleh pengguna.

9. Perbarui dan Kelola Aplikasi

Setelah aplikasi dipublikasikan, Anda dapat terus memperbarui dan mengelola aplikasi melalui Google Play Console untuk memastikan kualitas dan kinerjanya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengunggah aplikasi Anda ke Google Play Store dan membuatnya tersedia untuk jutaan pengguna Android di seluruh dunia.

Biaya Upload Aplikasi Ke Google Play Store

Biaya yang harus Anda keluarkan adalah biaya pendaftaran satu kali sebesar $25 untuk membuat Akun Google Developer, yang memungkinkan Anda mengirimkan aplikasi ke Google Play Store.

Biaya ini dapat dibayarkan menggunakan kartu debit atau kredit seperti Mastercard, Visa, American Express, dan Discover. Namun, perlu diingat bahwa biaya ini dapat berubah sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan oleh Google Play Store, dan perubahan tarif layanan bisa terjadi dari waktu ke waktu.

Selain biaya pendaftaran, tidak ada biaya tambahan untuk mengunggah aplikasi ke Google Play Store.

Jadi, secara keseluruhan, biaya utama yang perlu diperhatikan untuk mengunggah aplikasi ke Google Play Store adalah biaya pendaftaran Akun Pengembang Google sebesar $25.

Itulah cara mudah upload aplikasi ke Google PlayStore dan biaya yang harus Anda bayarkan dalam proses melakukan upload aplikasi ke Play Store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper