Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Grab Tengah Himpun Pendanaan US$1,5 Miliar?

Perusahaan ride-sharing Grab disebut tengah mengupayakan pendanaan baru senilai US$1,5 miliar, dengan dukungan dari raksasa finansial Jepang SoftBank Group Corp.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Maret 2017  |  10:26 WIB
Aplikasi taksi daring, Grab - Antara
Aplikasi taksi daring, Grab - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan ride-sharing Grab disebut tengah mengupayakan pendanaan baru senilai US$1,5 miliar, dengan dukungan dari raksasa finansial Jepang SoftBank Group Corp.

Berdasarkan sumber Bloomberg, SoftBank menjanjikan sekitar US$1 miliar di perusahaan ride-sharing tersebut, didukung oleh Tiger Global Management dan GGV Capital. Belum ada kejelasan apakah dana tersebut berasal dari SoftBank Group itu sendiri.

Jika benar adanya, pembiayaan tersebut akan mencetak rekor di Asia Tenggara, membayangi pendanaan yang dihimpun oleh Grab pada September lalu yang senilai US$750 juta, dan menaikkan valuasi Grab saat itu menjadi lebih dari US$3 miliar.

Grab, yang pada minggu ini mengumumkan rencana ekspansi ke Negara ketujuh di Asia Tenggara, tengah bersaing dengan Uber dan PT Go-Jek Indonesia untuk melemparkan jejaringnya di berbagi kota dan memacu platform bisnisnya.

Grab telah terlibat dalam pertarungan “membakar uang” yang didukung oleh kemampuan mereka untuk mengumpulkan pendanaan dan berekspansi di salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di dunia.
Hingga berita ini diterbitkan oleh Bloomberg, Grab menolak berkomentar, sementara SoftBank belum bisa berkomentar.

Di Indonesia, Grab telah menjanjikan investasi senilai US$700 juta dalam empat tahun mendatang, berupaya memenangkan pasar yang berisi 260 juta orang. Indonesia merupakan pasar terbesar Grab, dimana perusahaan berusia empat tahun itu mencatat pertumbuhan lebih dari 600% tahun lalu.

Grab mempekerjakan lebih dari 800 penelitian dan pengembangan baru staf di enam pusat selama dua tahun ke depan, termasuk fasilitas baru di Bangalore dan Kota Ho Chi Minh.

Perusahaan telah mengatakan bersedia untuk menyisihkan sebanyak US$100 juta untuk membiayai startups tahap awal di mobile dan teknologi layanan keuangan di Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Grab Taxi

Sumber : Bloomberg

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top