Medan Rumah Kita, Aplikasi Qlue ala Pemkot Medan

Febrany D. A. Putri
Kamis, 22 Desember 2016 | 15:15 WIB
Medan Rumah Kita untuk sementara memiliki sistem pembaruan status penanganan via kolom komentar. /Bisnis.com
Medan Rumah Kita untuk sementara memiliki sistem pembaruan status penanganan via kolom komentar. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN—Masyarakat Kota Medan kini bisa mengadukan segala permasalahan perkotaan yang terjadi di lingkungan mereka melalui aplikasi Medan Rumah Kita. Aplikasi yang dapat digunakan di ponsel pintar berbasis Android ini tengah dalam masa uji coba dan pengembangan.

Pemko Medan menargetkan, peluncuran resmi Medan Rumah Kita pada akhir tahun ini. Adapun, soft launching telah dilakukan pada Rabu (21/12/2016). Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menuturkan, aplikasi ini akan mendekatkan hubungan pemda dengan masyarakat.

“Masyarakat bisa melaporkan, atau menyampaikan keluhan, saran soal masalah-masalah yang mereka hadapi di lingkungan masing-masing. Nantinya, SKPD terkait akan melakukan cross check di lapangan untuk menindaklanjuti. Saya akan secara rutin memantaunya,” papar Eldin, Kamis (22/12/2016).

Ketika Bisnis mencoba aplikasi Medan Rumah Kita, sudah terdapat banyak laporan dan keluahan masyarakat. Salah satunya disampaikan oleh Muhammad Evin Barus. “Lampu jalan rusak [mati] di Jalan Aman II Gang Gambar dan Jalan Jati II Teladan Barat,” tulisnya dalam aplikasi.

Adapun, beberapa kategori pengaduan yang dapat disampaikan yakni mengenai sampah, jalan rusak, KTP dan Kartu Keluarga, banjir, lalu lintas, lampu/penerangan jalan, pelanggan izin bangunan, pohon tumbang, narkoba, pedagang liar, sekolah, serta gepang/anak jalanan. Aplikasi ini juga memungkinkan pengaduan yang tidak ada dalam kategori yang tersedia.

Kendati demikian, berbeda dengan Qlue, pembaruan status penanganan tidak diberi tanda bulat merah, kuning, dan hijau jika sudah ditangani. Medan Rumah Kita untuk sementara memiliki sistem pembaruan status penanganan via kolom komentar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper