Yahoo Dijual ke Verizon Senilai US$4,8 Miliar

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 26 Juli 2016 | 10:35 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Yahoo! Inc. setuju untuk menjual bisnisnya ke perusahaan web Verizon Communications Inc. senilai US$$4,8 miliar.

Kesepakatan tersebut mengakhiri dua dekade dimana Yahoo dijalankan sebagai perusahaan independen yang semula berasal dari startup milik Stanford University di masa internet mulai dikenal. Kini Yahoo memang ketinggalan dibandingkan pesaingnya seperti Facebook dan juga google.

Penjualan tersebut mencakup semua aset Yahoo termasuk real estate, tetapi tidak termasuk beberapa kekayaan intelektual yang akan dijual secara terpisah. Yahoo masih memiliki saham di Alibaba Group Holding Ltd dan Yahoo Jepang Corp, dengan nilai pasar gabungan dari sekitar US$40 miliar.

Berdasarkan berita yang dilansir dari Bloomberg, Verizon akan menambahkan layanan web Yahoo yang masih menarik 1 miliar penggunanya, termasuk mail, berita dan konten berita olahraga serta alat-alat keuangan.

Verizon mengatakan kesepakatan untuk bisnis internet inti Yahoo, yang memiliki lebih satu miliar pemakai aktif setiap bulan, akan membuatnya menjadi perusahaan media telepon genggam dunia.

Saham Yahoo ditutup 1,4 persen lebih tinggi pada hari Jumat di US$39,38, perusahaan memberikan penilaian pasar US$37 miliar. saham Yahoo telah meningkat 18,4 persen sepanjang tahun ini.

Sementara saham Verizon pada hari Jumat berakhir 1,3 persen lebih tinggi pada US$56,10. kapitalisasi pasar perusahaan adalah US$229.000.000.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper