PASAR IT: Intel Hentikan 12,000 Pekerja

Juli Etha Ramaida Manalu
Rabu, 20 April 2016 | 15:55 WIB
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - CEO Intel Ciro Brian Krzanich akan memecat sekitar 12,000 pekerjanya menyusul semakin menyusutnya pasar komputer pribadi.

Perusahaan tersebut mengatakan akan mengalihkan fokus bisnis ke sektor lain dengan pertumbuhan yang lebih besar seperti chip untuk mensin dan perangkat yang terkoneksi internet yang hingga saat ini belum cukup berkontribusi untuk menutupi penurunan penjualan PC.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (20/4/2016), Intel menorehkan pendapatan mengecewakan pada kuartal pertama sementara analis memprediksi penjualan di kuartal kedua tidak akan cukup baik.

Setelah merekrut eksekutif baru dan merombak timnya, pengurangan tenaga kerja sebesar 11% yang diinisiasi oleh Krzanich menegaskan upayanya untuk menjauhkan masa depan intel dari pasar PC dan mempercepat perpindahan ke pasar baru seperti chip untuk kendaraan, industri dan retail.

Seiring dengan penurunan penjualan PC dalam lima tahun berturut-turut, Intel merasa kesulitan untuk mengimbangi penurunan tersebut dengan mengandalakan permintaan yang meroket untuk chip server.

“Intel menyadari kenyataan pertunbuhan single digit yang terjadi secara global. Pasar end user tidak lagi bertumbuh seperti dulu” kata Michael Shinnick, Fund Manager di Wasatch Advisors Inc. yang memiliki saham di Intel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper