GERHANA MATAHARI TOTAL: Telkomsel Perkuat Jaringan

Nadya Kurnia
Jumat, 4 Maret 2016 | 18:55 WIB
Telkomsel/Istimewa
Telkomsel/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Telkomsel melakukan penguatan jaringan di beberapa lokasi yang mengalami gerhana matahari total pada 9 Maret, yakni di Palembang, Linggau, Bangka, Belitung, Balikpapan, Palangkaraya, Palu, Ternate, Tidore, dan Halmahera.

Penguatan jaringan ini berdasarkan perkiraan peningkatan aktifitas pada layanan seluler seperti panggilan telepon, short message service, dan khususnya pada layanan data. Dengan adanya penguatan jaringan ini, Telkomsel memastikan kualitas layanan seluler tetap terjaga.

“Peristiwa gerhana matahari total ini menarik perhatian tidak hanya turis dalam negeri tapi juga mancanegara. Untuk itu sangat penting kami menjaga kestabilan jaringan agar pelanggan tetap nyaman menggunakan layanan kami, sekalipun terjadi lonjakan trafik,” tutur Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi, Jumat (4/3/2016).

Dia memerkirakan lalu lintas layanan data akan mengalami lonjakan yang cukup tinggi, bahkan mencapai lebih dari 200% pada beberapa lokasi.

Menurutnya, hal ini disebabkan oleh perilaku masyarakat yang kini tengah gandrung membagi aktifitasnya di social media.

Keberadaan layanan Telkomsel 4G pada lokasi-lokasi seperti Palembang, Belitung, Balikpapan, dan Palu, akan memberikan layanan data yang lebih cepat bagi masyatakat yang ingin membagikan momen gerhana secara real time.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pada lokasi-lokasi yang mengalami gerhana matahari total, Telkomsel menyiapkan 10 compact mobile base station (Combat) di titik-titik keramaian tempat masyarakat berkumpul menyaksikan gerhana.

“Secara total ada 229 BTS dioptimalisasi yang tersebar di 37 point of interest atau spot-spot utama yang akan dipadati oleh wisatawan,” tutup Sukardi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper