Tiket Bus Online di Sulsel Butuh Infrastruktur IT yang Baik

Amri Nur Rahmat
Kamis, 3 Desember 2015 | 17:29 WIB
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Sistem pemesanan tiket bus berbasis online yang dikhususkan untuk rute antardaerah di Sulawesi Selatan diharapkan bisa diterapkan secara menyeluruh ke sektor terkait lainnya.

Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Sulsel, Lambang Basri Said, mengatakan aplikasi pemesanan bus tersebut sebaiknya diiringi dengan penguatan SDM maupun infrastruktur TI oleh seluruh sektor dan fasilitas pendukungnya.

"Tidak hanya pemesanannya yang smart dengan menggunakan aplikasi online, tetapi juga armadanya, pengemudi, Dishub hingga Organda juga haru smart sehingga penyediaan tranportasi yang nyaman semakin optimal," katanya, Kamis (3/12/2015).

Menurutnya, peluncuran aplikasi online celebus.co.id diharapkan bisa menjadi momentum revitalisasi moda transportasi bus di Sulsel secara menyeluruh.

Adapun jasa pemesanan tiket bus via online, celebus.co.id secara resmi telah diluncurkan dan beroperasi secara efektif pada awal Desember 2015 yang melayani bus untuk rute ke sejumlah destinasi di Sulsel.

Layanan tersebut bisa dinikmati dengan membuka situs www.celebus.co.id, di mana calon penumpang memilih PO maupun armada bus, daerah tujuan dan posisi tempat duduk yang diinginkan setelah melakukan registrasi.

Selanjutnya untuk proses pembayaran tiket dilakukan melalui sistem transfer untuk mendapatkan konfirmasi melalui email dan SMS yang dapat digunakan sebagai bukti pengganti tiket fisik.

Sejauh ini, operator celebus.co.id telah menjalin kerjasama dengan 3 perusahaan otobus (PO) dan tengah menjajaki sejumlah operator bus lainnya yang beroperasi di Sulsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Amri Nur Rahmat
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper