LAYANAN TELKOMSEL: GerCep, Aplikasi Smart City Pemkot Samarinda

Nadya Kurnia
Senin, 16 November 2015 | 19:35 WIB
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Samarinda bekerja sama dengan Telkomsel, meluncurkan aplikasi Gerak Cepat (GerCep) sebagai embrio dari program Samarinda menuju Smart City seperti yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah.

Aplikasi tersebut menyediakan layanan dasar yang sering dibutuhkan oleh masyarakat Kota Samarinda, antara lain mobil ambulance, mobil jenazah, pemadam kebakaran, laporan pengaduan masyarakat, informasi ruang rawat inap rumah sakit, dan informasi lainnya.

“Aplikasi ini diujicobakan di Kecamatan Sungai Kujang dan Sambutan. Ini merupakan aplikasi pertama dari Pemkot Samarinda yang berbasis mobile pada perangkat Android dan iOS. Aplikasi ini menggunakan layanan Telkomsel,” tutur General Manager Account Management Telkomsel Pamasuka Mulya Budiman, Senin (16/11/2015).

Selain pembuatan aplikasi GerCep ini, Telkomsel juga memberikan layanan telekomunikasi kepada Pemkot Samarinda untuk mendukung program Samarinda menuju Smart City, berupa SMS gateway direct connection, closed user group, dan wireless connectivity.

Ke depannya, Telkomsel akan bekerja sama dengan Pemkot Samarinda di bidang pemerintahan (E-Government), kesehatan (E-Health), parisiwata (E-Tourism), Pendidikan (E-Education), transportasi public (E-Transportation), dan usaha mikro kecil dan menengah (E-UMKM).

“Kerja sama ini akan memberikan manfaat kepada Samarinda untuk dapat memanfaatkan teknologi yang menjadi pondasi dasar Smart City. Aplikasi GerCep bisa menjadi solusi masyarakat Samarinda untuk mendapatkan kemudahan,” tutup Budiman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper