Perubahan Pola Bisnis: XL Axiata Tak Lagi Ngotot Kejar Pelanggan Baru

Nadya Kurnia
Minggu, 18 Oktober 2015 | 22:53 WIB
XL Axiata
XL Axiata
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT XL Axiata (Persero) Tbk mengubah pola bisnis mulai tahun ini dengan memfokuskan dan memaksimalkan pelayanan pada pelanggan loyal XL, dibanding dengan mengejar target penambahan pelanggan baru. 

Area Sales Manager SME PT XL Axiata North Region Sherlia Arlianty mengatakan pengubahan pola bisnis ini merupakan komitmen XL, setelah 19 tahun melayani pelanggannya, untuk kemajuan telekomunikasi Indonesia. 

“Strategi ini kami sebut 3R, revant, rise, and reinvent. Pengubahan pola bisnis dari penambahan pelanggan [volume] ke peningkatan kualitas layanan [value], ini juga untuk menambah profitabilitas produk,” tuturnya, Minggu (18/10/2015). 

Jika dulu XL mengutamakan penambahan jumlah pelanggan, sekarang XL akan konsentrasi pada pelanggan lama yang telah loyal menggunakan layanan XL. Menurutnya, penggunaan kartu sim provider untuk sekali pakai saat ini seringkali dipraktikkan oleh pelanggan. 

“Kami harap sekarang XL tidak lagi digunakan untuk sistem buang. Setidak-tidaknya kami ingin XL digunakan untuk gadget kedua pelanggan,” tambahnya. 

Selain itu, XL juga akan segera meluncurkan produk terbarunya mengenai layanan kesehatan di Balikpapan pada November mendatang. Sekarang ini, Sherlia belum dapat membeberkan detail produk terbaru itu. 

“Kemarin di Lombok kami sudah luncurkan MFish, aplikasi khusus untuk nelayan-nelayan di sana. Sementara di Balikpapan ini kami akan luncurkan aplikasi untuk layanan kesehatan,” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nadya Kurnia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper