IOAA: Indonesia Kembali Jadi Tuan Rumah Olimpiade Astonomi

Yulianisa Sulistyoningrum
Rabu, 6 Mei 2015 | 10:05 WIB
IOAA 2015 akan diikuti sekitar 45 negara peserta /
IOAA 2015 akan diikuti sekitar 45 negara peserta /
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini Indonesia kembali ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan olimpiade internasional sains murni bidang astronomi , International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA). Ajang internasional ini akan digelar di Magelang, Jawa Tengah, September mendatang.

Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemendikbud Achmad Djazidie mengatakan, Indonesia pernah menjadi tuan rumah IOAA di 2008 lalu. Di tahun tersebut IOAA digelar di Bandung, Jawa Barat. Dalam menyelenggarakan IOAA, Kemendikbud bekerja sama dengan Departemen Astronomi ITB.

“Dukungan dari universitas dan lembaga lain sangat membantu dunia pendidikan semakin berkualitas,” katanya di Kantor Kemendikbud, Rabu (6/5/2015).

IOAA 2015 akan diikuti sekitar 45 negara peserta dari 50 negara yang ditargetkan ikut serta. Negara-negara tersebut berada di kawasan Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Indonesia akan mengirimkan sebanyak dua tim, terdiri dari sepuluh siswa SMA/MA terbaik hasil seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada 2014.

Untuk persiapan delegasi Indonesia telah dilakukan pembinaan dan pelatihan nasional sejak 2014. Pembinaan melibatkan para dosen dan peneliti dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, LIPI, dan lembaga lainnya.

Achmad berharap ajang kompetisi yang diikuti anak-anak Indonesia menjadi wahana penting untuk menempa karakter siswa Indonesia yang selain cerdas, tetapi juga ulet, tangguh, menghargai prestasi, penuh persahabatan, dan cinta Tanah Air.

“Kita berharap anak-anak Indonesia dapat lebih berprestasi dari sebelumnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper