Open Source Microsoft bernama .Net

Lukas Hendra TM
Senin, 7 April 2014 | 23:47 WIB
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA – Rencana Microsoft untuk mengalihkan sistem operasinya menjadi sistem open-source sepertinya bukan bualan saja. Pasalnya, Microsoft secara resmi telah membuka sebuat platform bernama .Net sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan para pengembang untuk membangun aplikasi Windows.

Peluncuran .Net merupakan salah satu pengumuman terbesar di Microsoft Build 2014 yang disebarkan pada pekan lalu. Jurnalis dari Cnet.com, Mary Jo Foley dalam tulisannya mengemukakan bila Wakil Presiden dari Divisi Pengembangan Microsoft, Soma Somasegar telah bekerja ekstra untuk mengembangkan open-source dalam tiga tahun terakhir.

Somasegar mengatakan manajemen sadar bahwa Microsoft tidak melihat open source sebagai suatu langkah yang dibutuhkan perusahaan. Pasalnya, perusahaan ingin memulai dengan tingkat open source yang lebih tinggi dari Net Framework .

“Microsoft benar-benar harus mengambil kontribusi dari masyarakat, seperti yang diharapkan dalam sebagian besar lisensi open source  atau hanya membuat kode tersedia untuk dilihat tetapi tidak dimodifikasi,” kata Somasegar seperti dikutip dari Cnet.com, Senin (7/4/2014).

Dia mengatakan pembuat perangkat mobile Xamarin , mitra Microsoft, awalnya adalah seorang penasihat kunci. Namun, Microsoft mencurigai tujuan Xamarin untuk membantu. Pasalnya, Microfost membutuhkan aplikasi untuk bersaing dengan platform android dan iOS.

 Rumor terus berputar-putar bahwa Microsoft dapat bernegosiasi untuk membeli Xamarin. Somasegar mengaku pejabat Xamarin pernah menekan Microsoft untuk membuka source . Net.

Namun, Xamarin tidak  mempengaruhi Microsoft perkara siapa yang akan dilibatkan. Memang, jelas Somasegar, Xamarin memang ingin informasi lebih lanjut tentang tampilan antarmuka dan dokumentasi terkait.

Menurutnya, di antara teknologi .Net, open source versi Microsoft adalah "Roslyn" yang merupakan sebuah kompilasi sebagai dasar untuk versi masa depan dari Visual Basic dan C#.

Dengan demikian, besar kemungkinan pengumuman Microsoft pekan lalu berarti open source di masa mendatang dari Microsoft akan di bawah lisensi Apache 2.0.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper