Bos Microsoft Mau ke RI, Berencana Investasi Lebih Jumbo dari Apple

Rika Anggraeni
Jumat, 19 April 2024 | 21:50 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memberikan bocoran terkait rencana investasi Microsoft di Indonesia, Jumat (19/4/2024)/Bisnis-Rika Anggraeni
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memberikan bocoran terkait rencana investasi Microsoft di Indonesia, Jumat (19/4/2024)/Bisnis-Rika Anggraeni
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut, kedatangan CEO Microsoft Satya Nadella ke Indonesia akhir bulan ini adalah untuk menggelontorkan investasi seperti CEO Apple Tim Cook yang lebih dulu berkunjung ke Tanah Air.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyampaikan bahwa bos Microsoft itu akan mengucurkan investasi dengan nilai lebih tinggi dibandingkan bos Apple. Budi mengatakan bahwa Satya Nadella akan berkunjung ke Indonesia pada 30 April 2024.

“Ada [investasi], itu gede [nilainya]. Nanti, jangan saya yang ngomong. Ada [investasi], mereka gede [investasi]. Mereka sudah ngomong ke saya, tapi saya bilang jangan saya yang ngomong, kan saya Menkominfo RI, bukan humas Microsoft,” kata Budi saat ditemui di Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Sebelumnya beredar kabar, Satya Nadella akan menanamkan investasi di Indonesia senilai Rp14 triliun. Sayangnya, Menkominfo tak bisa menyampaikan nilai pasti yang akan dikucurkan bos Microsoft pengganti Steve Ballmer itu di Indonesia.

Namun, Budi menekankan bahwa investasi yang dikucurkan Satya Nadella akan digunakan untuk penguatan talenta sumber daya manusia (SDM).

“Macam-macam [penggunaan investasinya], nanti mereka yang menjelaskan. Salah satunya bagaimana SDM sumber daya manusia,” ungkapnya.

Jika dibandingkan dengan kedatangan raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) ke Indonesia, yaitu Apple, nilai investasi yang dikucurkan Tim Cook hanya Rp1,6 triliun.

Budi menyampaikan bahwa investasi tersebut untuk membangun empat akademi Apple Developer Academy di Tanah Air, yaitu Jakarta, Surabaya, Batam, dan Bali. Kucuran investasi jumbo itu digunakan untuk meningkatkan SDM.

Sebelumnya, CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa Apple akan memperluas investasi untuk meningkatkan kesempatan bagi pengembang, pelajar, dan pengusaha yang ingin merintis kariernya di industri aplikasi iOS di Indonesia.

“Kami sangat antusias dengan komunitas pengembang yang berkembang di Indonesia, dan kami berharap dapat berinvestasi dalam kesuksesan lebih banyak pengode dengan akademi keempat kami di negara ini,” ungkap Tim Cook, dikutip dari laman resmi Apple, Rabu (17/4/2024)

Dalam laman resmi Apple, disebutkan bahwa program Apple Developer Academy telah diikuti oleh lebih dari 2.000 calon pengembang. Tercatat, hingga saat ini, peserta Apple Developer Academy berasal dari lebih dari 90 kota di seluruh Indonesia dengan rentang usia antara 18—50 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper