Microsoft Rilis Phi-3 Mini, Model AI Terkecil Biaya Hemat

Rika Anggraeni
Rabu, 24 April 2024 | 04:00 WIB
Ilustrasi kecerdasan buatan/doc.Microsoft
Ilustrasi kecerdasan buatan/doc.Microsoft
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan teknologi komputer multinasional, Microsoft mengumumkan model kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam bahasa kecil yang hemat biaya yang mampu melakukan tugas-tugas.

Model AI yang diperkenalkan Microsoft mampu menciptakan konten dan membuat postingan media sosial sambil menggunakan jumlah data yang lebih sedikit.

Dilansir dari Reuters, Selasa (23/4/2024), Microsoft memperkenalkan model AI yang disebut Phi-3 Mini. Model ini diklaim dapat melampaui model-model dua kali ukurannya di berbagai benchmark yang mengevaluasi kemampuan bahasa, pemrograman, dan matematika.

Dengan kata lain, AI milik Microsoft ini memiliki kinerja yang lebih baik daripada model-model yang dua kali lipat ukurannya dalam menguji kemampuan tersebut.

Model AI yang lebih kecil dirancang untuk melakukan tugas-tugas sederhana, sehingga lebih mudah digunakan oleh perusahaan dengan sumber daya terbatas, kata Microsoft.

Microsoft menjelaskan bahwa sebuah bisnis dapat menggunakan Phi-3 untuk merangkum poin-poin utama dari sebuah dokumen yang panjang, mengekstrak wawasan yang relevan dan tren industri dari laporan riset pasar.

Adapun, Phi-3-mini akan segera tersedia di platform layanan cloud Microsoft Azure, platform model pembelajaran mesin Hugging Face, dan Ollama.

Sekadar informasi, pekan lalu, Microsoft menginvestasikan US$1,5 miliar di perusahaan AI G42 yang berbasis di UEA. Sebelumnya, mereka juga telah bermitra dengan startup Perancis, Mistral AI, untuk membuat model mereka tersedia melalui platform komputasi awan Azure.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper