Fotografi: Sebelum Beli Lensa Tambahan, Pertimbangkan Hal Berikut

Dini Hariyanti
Minggu, 13 Oktober 2013 | 13:21 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Komponen terpenting dari sebuah kamera digital adalah lensa. Benda ini yang akan membuat penggunanya dapat menghasilkan gambar bagus atau sebaliknya.

Setelah membeli kamera mungkin Anda terpikir untuk membeli lensa tambahan. Kalau sekarang Anda hanya punya lensa kit standar, setelah memiliki dana cukup sebaiknya segera beli lensa normal atau tele.

Tapi yang terpenting dalam mempertimbangkan pembelian lensa tambahan ialah memastikan karakter atau tipe pemotretan yang akan Anda lakukan. Perlu dipahami pula masing-masing lensa bakal memberi pengaruh lebih baik jika digunakan sesuai fungsinya.

Penting untuk memahami jenis lensa sesuai fungsinya karena komponen ini adalah pengontrol gambar yang diproyeksikan ke sensor pencitraan kamera. Banyak fotografer lebih memilih memotret pakai kamera yang baik dengan lensa berkualitas.

Artinya, dibandingkan harus membeli kamera terbaru berteknologi paling mutakhir dan harga mahal jauh lebih penting adalah memiliki lensa yang bagus. Pahami pula penggunaan mounting (bantalan lensa) dan seri lensa sebelum membeli yang baru.

Mounting kamera DSLR mencakup Nikon F-mount, Canon EF atau EF-S, Pentax K, dan Sony Alpha (A). Sedangkan untuk kamera mirrorless, seperti Canon EF-M, Fujifilm XF, Nikon 1, Sony E, Samsung NX and Pentax Q. Olympus dan kamera Panasonic Micro Four Thirds menggunakan mounting lensa Four Thirds.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Yusran Yunus
Sumber : gizmag.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper