Mahasiswa UI Raih Juara Dunia Pembuatan Aplikasi Sanitasi

News Editor
Kamis, 25 Juli 2013 | 13:14 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Satu lagi prestasi yang mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional berhasil ditorehkan Mahasiswa Universitas Indonesia.

Kali ini, tim SunSquare Studio yang terdiri atas lima mahasiswa jurusan Sistem informasi dan Ilmu Komputer angkatan 2011 Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) berhasil menyabet predikat Juara Dunia (GrandPrize) Sanitation App Challenge 2013 yang digelar oleh Bank Dunia yang berpusat di Washington DC, Amerika Serikat.

Sebagai bentuk penghargaan atas kemenangannya, Bank Dunia mengundang ke AS dan memberikan workshop serta mengunjungi beberapa kantor situs ternama dunia seperti Google, Facebook, Ideo.com pada 18-27 April 2013.

Sunclean App, sebuah aplikasi games karya SunSquare Studio yang beranggotakan Dimas Ramadhani, Luqman Sungkar, Riza Herzego Nida Fathan, Irfan Nur Afif, dan Mohammad Agung Nugroho berhasil mengantarkan mereka memperoleh kemenangan juara dunia.

Siaran pers UI yang diterima Bisnis, Kamis (25/7/2013), menyebutkan mereka merupakan finalis termuda yang berhasil berkompetisi dengan para entrepreneur, computer enthusiasts dan rural community specialist dari berbagai belahan dunia.

Predikat GrandPrize juga diberikan kepada dua tim lainnya yaitu mSchool (tim dari Prancis dan Senegal) dengan karya Platform pengaduan infrastruktur kesehatan dan sanitasi dan Taarifa (tim dari negara Tanzania, Inggris, AS, dan Uganda) dengan karya Platform pengaduan infrastruktur sanitasi open source di Uganda.

SunClean merupakan aplikasi games yang mengajarkan anak-anak untuk membiasakan pola hidup bersih. SunClean terdiri dari dua mini game, yaitu Trash Disposal yang mengajarkan memisahkan sampah organik dan anorganik serta Hand Wash for Kids yang mengajarkan mencuci tangan dengan benar.

Permainan ini ditargetkan bagi anak-anak usia 4 tahun ke atas yang dapat dimainkan di komputer atau perangkat mobile dengan OS html5, Windows 8, Android, iOS dan Blackberry10 platform. Game dapat diakses di www.sunsquarestudio.com/sunclean.

SunSquare Studio berharap kemenangan ini dapat memacu mereka untuk berkarya lebih gencar dan inovatif terutama dalam menghasilkan produk yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Rencananya, SunClean App Game akan dikembangkan menjadi social games sehingga dapat lebih mudah diakses dan dapat saling berinteraksi antar pengguna aplikasi.

Bank Dunia Indonesia juga telah menyosialisasikan SunClean App Game ini kepada duta-duta sanitasi di Indonesia agar dapat disebarluaskan di berbagai wilayah Indonesia, sehingga dapat membantu peningkatan kesadaran dan perubahan kebiasaan akan pola kebersihan dan sanitasi dengan pendekatan teknologi.

Sanitation App Challenge 2013 merupakan kompetisi membuat aplikasi guna mengatasi masalah sanitasi di dunia yang diselenggarakan oleh Bank Dunia.

Kompetisi ini dimulai dengan Sanitation Hackathon yaitu membuat aplikasi selama 24 jam yang dilaksanakan di 14 kota di seluruh dunia, termasuk Jakarta pada 1-2 Desember 2012.

Kemudian dilanjutkan pada tahap Hackathome yaitu tahap pengembangan aplikasi yang berlangsung hingga 22 Maret 2013. Pada tahap akhir yaitu pengumuman GrandPrize Winner pada event Investment in Sanitation di Washington DC pada 19 April 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper