Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aiti Corp Kembangkan Aplikasi Chat Berbasis SMS

Bisnis.com, BANDUNG—Aiti Corp, salah satu pe­­ngembang aplikasi mobile di Ban­­dung, mengembangkan aplikasi chat lokal dengan memanfaatkan pengguna pesan singkat atau SMS.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 Juli 2013  |  07:01 WIB

Bisnis.com, BANDUNG—Aiti Corp, salah satu pe­­ngembang aplikasi mobile di Ban­­dung, mengembangkan aplikasi chat lokal dengan memanfaatkan pengguna pesan singkat atau SMS.

Pe­­milik Aiti Corp Andik Taufik mengatakan perlu kesiapan yang matang un­­tuk mengembangkan aplikasi chat baru agar bisa bersaing dengan la­­yanan yang ada seperti WeChat, Line, dan Ka­­kaoTalk.

“Para pengembang lo­­­kal dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan ap­­likasi chat. Melihat masih tingginya pengguna SMS, Aiti Corp yakin aplikasi chat fitur SMS ini dapat bersaing dengan aplikasi chat milik pengembang luar,” ujar­­nya, Minggu (21/7/2013).

Aiti Corp rencananya menggandeng salah satu operator besar di Indonesia karena ap­­likasi ini memanfaatkan fitur telepon, khususnya SMS.

Fitur aplikasi yang di­­kembangkan tidak jauh berbeda dengan aplikasi chat lain yang dilengkapi dengan emoticon, stiker, berbagi status, dan fitur lainnya. “Karena dikombinasikan dengan SMS, aplikasi chat ini tidak akan menggunakan paket data seperti aplikasi chat lainnya, melainkan melalui biaya SMS.”

Segmen pengguna yang dibidik adalah kelas menengah ke bawah yang masih le­bih sering menggunakan SMS de­­ngan pe­­luang pasar diyakini sa­­ngat besar. Ap­­likasi ini dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, termasuk Java, Android, dan BlackBerry sebagai tambahan agar dapat menjangkau seluruh pelanggan perangkat mobile.

Selain itu, dengan bundling bersama operator, biaya SMS dari penggunaan aplikasi chat ini diharapkanmenjadi le­­­bih murah dengan paket tertentu. “Teknis belum diketahui, karena proyek masih dalam proses. Mungkin salah satunya se­­perti pengiriman 10 pe­­san SMS, akan memperoleh 100 SMS chat gratis setelahnya,” tuturnya. (k31)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

line sms kakaotalk aiti corp chat
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top