Kakao Gandeng Telkomsel & XL Sediakan Akses Gratis

Fajar Sidik
Senin, 13 Mei 2013 | 16:13 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Kakao mengumumkan kerja sama dengan Telkomsel dan XL untuk memungkinkan pelanggan menggunakan mobile messenger KakaoTalk secara gratis.

Pelanggan kedua operator itu juga tidak perlu berlangganan paket data untuk mengakses aplikasi Kakao, termasuk KakaoTalk, KakaoStory dan Kakao Game.

Telkmosel memberikan fasilitas tersebut hingga 10 Juni 2013, sedangkan XL menyediakan paket data 25MB per hari yang dapat digunakan untuk semua aplikasi Kakao hingga 10 Agustus mendatang.

Kedua operator tersebut juga akan memasukkan aplikasi Kakao dalam whitelist kuota data atau pulsa pelanggan tidak berkurang.

“Kami akan terus memperkenalkan produk-produk baru dan bekerja sama dengan para mitra di Indonesia agar pengalaman dengan aplikasi-aplikasi Kakao semakin relevan bagi pengguna,” ujar VP Global Business Development Kakao Corp Kate Sohn dala siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (13/5/2013).

Dia berharap kerja sama tersebut juga dapat menambah jumlah pengguna Internet 3G di Indonesia.

Kakao telah meluncurkan Kakao Game di Indonesia pada 2 Mei lalu. Aplikasi itu memungkinkan para pengguna Kakao bermain game dengan daftar teman yang mereka miliki.

Saat ini di Indonesia telah tersedia sebanyak delapan Kakao Games berplatform Android, dan empat Kakao Games di iOS. Semua game tersebut dibuat pengembang pihak ketiga.

“ Ini sejalan dengan strategi Kakao untuk menciptakan ekosistem yang hadir bersamaan dengan para mitra. Kami akan menawarkan lebih banyak permainan beberapa pekan mendatang,” imbuh Kate.

Dia mengklaim KakaoTalk telah digunakan 97% pengguna smartphone di Korea Selatan. Adapun di Indonesia, pendekatan KakaoTalk dilakukan melalui kerja sama dengan sejumlah mitra lokal untuk menambah konten Indonesia dalam produksi emotikon khusus.

Mereka juga sudah membuat iklan khusus bekerja sama dengan artis Indonesia dan Korea. Kakao mengklaim iklan tersebut telah menghasilkan pertumbuhan sebesar 3.000% dengan tambahan 120.000 pengguna terdaftar setiap hari di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Galih Kurniawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper