GOOGLE: Internet harus sehat & aman

News Editor
Selasa, 24 April 2012 | 18:40 WIB
Bagikan

 

BANDUNG: Google menganjurkan agar Internet di Indonesia digunakan secara sehat dan aman serta terhindar dari berbagai hal negatif.
 
Mike Orgill, Country Lead, Public Policy & Government Affairs Southeast Asia Google Asia Pacific Pte Ltd, menyatakan pemerintah Indonesia telah mendukung hal itu dengan berbagai program.
 
"Apalagi pengguna internet di Indonesia banyak sekali dan akan terus meningkat," katanya hari ini di Bandung.
 
Salah satu contoh penggunaan internet secara sehat yaitu pemanfaatan internet bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Dia menyebutkan sudah ada sekitar 75.000 UKM yang menggunakan internet dan diharapkan jumlahnya bertambah menjadi 100.000 UKM. "Google siap membantu UKM untuk hal itu,” katanya.
 
Dirjen Aplikasi dan Telematika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ashwin Sasongko menyatakan hal senada. Selain sehat dan aman, Internet juga harus kondusif.
 
“Dunia maya berbeda dengan dunia nyata. Dunia maya dapat membesar tergantung banyaknya data yang tersimpan. Sebuah negara kecil bisa saja memiliki dunia maya yang besar. Misalnya jika setiap dunia usaha membuat website maka akan semakin besar pula dunia maya,” katanya.
 
Dia mengharapkan industri yang terkait dunia maya seperti konten, aplikasi maupun game terus dikembangkan.
 
Selain itu, hal-hal yang dapat dijalankan dengan baik di dunia nyata juga seharusnya dapat diterapkan pula di dunia maya.
 
Dia mencontohkan perdagangan yang meningkat di dunia nyata, maka di dunia maya dapat dikembangkan e-commerce. Sebaliknya, hal-hal yang dilarang di dunia nyata juga tidak perlu diterapkan di dunia maya.
 
Penjualan melalui sistem elektronik harus dapat diandalkan.”Penjualan harus aman dan bertanggung jawab,” katanya.
 
Dengan meningkatnya cybercrime, peran pemerintah adalah membantu keamanan dalam transaksi elektronik yaitu dalam bentuk regulasi.(sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Tisyrin Naufalty Tsani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper