Berapa Rekor Kecepatan Angin yang Pernah Tercatat?

Mia Chitra Dinisari
Senin, 28 Oktober 2024 | 18:02 WIB
Pohon beringin berusia 150 tahun setelah kebakaran hutan yang dipicu angin kencang, sehingga membakar sebagian besar kota beberapa hari lalu, di Lahaina, Maui, Hawaii, AS 10 Agustus 2023. REUTERS/Marco Garciarnrn
Pohon beringin berusia 150 tahun setelah kebakaran hutan yang dipicu angin kencang, sehingga membakar sebagian besar kota beberapa hari lalu, di Lahaina, Maui, Hawaii, AS 10 Agustus 2023. REUTERS/Marco Garciarnrn
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badai angin merupakan salah satu bencana alam yang sangat merusak.

Kecepatan angin yang luarbiasa mampu menghancurkan dan memporakporandakan daerah sekitarnya tanpa ampun.

Lantas berapakah kecepatan angin yang paling cepat yang pernah tercatat?

Dilansir dari livescience, pada tahun 1934, "Angin Besar" melanda Observatorium Mount Washington di New Hampshire dengan kecepatan 231 mph (372 km/jam).

Pada tahun 1985, ledakan mikro menjatuhkan penerbangan Delta Airlines ke landasan. Dan pada tahun 2017, Badai Irma meninggalkan jalur kehancuran, merobohkan atap-atap dan menumbangkan pohon-pohon dengan kecepatan angin lebih dari 185 mph (298 km/jam). 

Sementara itu, angin terkuat di tata surya terjadi di Neptunus, yang bertiup dengan kecepatan supersonik 1.100 mph (1.770 km/jam), atau 1,5 kali kecepatan suara, menurut NASA.

Di Bumi, terowongan angin buatan manusia dapat menghasilkan angin supersonik, yang kecepatannya diperkirakan melebihi 761,2 mph (1.225 kmh) di permukaan laut. Seperti Terowongan Angin Supersonik 10×10 di Pusat Penelitian Glenn NASA yang mampu menghasilkan kecepatan angin hingga mach 3,5 atau sekitar 2.685 mph (4.321 km/jam).

Hembusan angin alami maksimum yang pernah tercatat adalah 253 mph (407 km/jam), menurut Arsip Cuaca dan Iklim Ekstrem Dunia, yang dikelola oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO). Itu terjadi di Pulau Barrow, Australia, pada 10 April 1996, ketika siklon tropis melanda pulau terpencil tersebut. (Siklon tropis sama dengan badai, tetapi terjadi di Pasifik Selatan dan Samudra Hindia.)

Sebuah anemometer sebuah instrumen yang biasanya memiliki tiga cangkir yang berputar mengelilingi poros tengah ketika angin bertiup di stasiun cuaca di pulau tersebut mencatat 3 hembusan hingga 5 detik.

Butuh waktu lebih dari satu dekade sebelum WMO melihat data tersebut dan memastikannya dalam buku catatan karena Barrow Island dimiliki secara pribadi oleh perusahaan minyak Chevron.

“Hal ini seperti lolos selama beberapa tahun,” Randall Cerveny, seorang profesor ilmu geografi di Arizona State University, dilansir dari Live Science.

WMO hanya mengakui data kecepatan angin dari instrumen seperti anemometer karena ini merupakan pengukuran fisik angin, kata Cerveny. Artinya, tercatat kecepatan angin lebih cepat dibandingkan di Pulau Barrow, namun diukur dengan alat yang menggunakan perkiraan atau perhitungan, sehingga tidak masuk dalam buku rekor.

Joshua Wurman, direktur Fasilitas FARM (Flexible Array of Radars and Mesonets) di Universitas Alabama di Huntsville, ​​mencatat kecepatan angin tornado tertinggi pada tahun 1999 di Bridge Creek, Oklahoma, dengan kecepatan 302 mph (486 km/jam), menurut arsip WMO. Wurman mempublikasikan hasilnya dalam artikel tahun 2007 di jurnal Monthly Weather Review.

Baru-baru ini, tim Wurman menghitung kecepatan angin setinggi 309 hingga 318 mph (497 hingga 512 km/jam) dalam tornado yang melanda Greenfield, Iowa, pada Mei 2024, menurut pernyataan dari FARM Facility. Namun, margin kesalahan dalam perkiraan radar berarti bahwa pembacaan baru ini pada dasarnya sama dengan catatan tahun 1999, kata Wurman.

“Saya pikir aman untuk mengatakan bahwa ada tornado langka yang memiliki kecepatan angin lebih dari 483 km/jam,” katanya.

"Mungkin tidak ada kendaraan yang kecepatannya melebihi 400 mph [644 km/jam], hanya karena kita belum pernah melihat kendaraan yang kecepatannya melebihi 300 mil per jam."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper