Bocoran Android 16 Google, Bisa Pilih Shortcut Aplikasi hingga 16 Petak

Alifian Asmaaysi
Minggu, 27 Oktober 2024 | 12:52 WIB
Logo Android/ website Android
Logo Android/ website Android
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Google dikabarkan bakal merilis Android 16 dalam waktu dekat dengan sejumlah perombakan besar-besaran pada panel setelan cepat ponsel Android.

Melansir dari phonearena.com, Google saat ini tengah melakukan pendalaman uji fitur baru tersebut. Di mana, fitur itu bakal memungkinkan pengguna menggunakan shortcut pada panel setelan cepat di ponselnya.

Nantinya, fitur penambahan setelan cepat tersebut bakal memberikan pengalaman kontrol yang lebih besar pada pengguna. Lantaran, akan terdapat banyak fitur yang ditampilkan pada setelan cepat.

Adapun, fitur tersebut sebenarnya telah diimplementasikan pada rilis Android 15 QPR1 Beta 3 terbaru. Akan tetapi, porsi panel setelan cepat saat ini terus dilakukan pendalaman dan penambahan.

Nantinya, pengguna dapat memilih sendiri aplikasi mana yang hendak dimunculkan pada fitur setelah cepat tersebut. Dijelaskan bahwa pengguna dapat paling sedikit memilih 8 hingga 16 petak dalam satu halaman.

Namun demikian, belum ada informasi pasti mengenai finalisasi fitur anyar dalam Android 16 ini. Bahkan, ada kemungkinan bahwa Google bakal membatalkan launching fitur ini di Android 16 mendatang.

“Penting untuk dicatat bahwa fitur ini tidak akan diaktifkan secara default dalam rilis beta Android terbaru. Ada kemungkinan pula bahwa google akan membatalkan implementasi fitur itu sebelum dirilis,” demikian bunyi laporan Phone Arena, dikutip Minggu (27/10/2024).

Akan tetapi, jika fitur tersebut berhasil mencapai rilis final, hal itu bisa menjadi peningkatan besar bagi pengalaman pengguna Android.

Untuk diketahui sebelumnya, dalam sumber berbeda disebutkan bahwa Google diperkirakan bakal merilis Android 16 pada Kuartal IV/2025. Namun, posisinya disebut bisa lebih cepat hingga maju pada kuartal II/2025 atau di sekitar bulan April, Mei hingga Juni.

Sementara itu, selain dikabarkan bakal merilis fitur pengaturan seting cepat, Google juga dikabarkan akan merilis sejumlah fitur baru di Android 16. 

Salah satunya yakni pengguna dapat membuka jendela layer yang jauh lebih banyak, memblokir notifikasi lama, hingga memunculkan notifikasi head-up yang ringkas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper