Pesan Terkirim Tanpa Sepengetahuan, Tanda Whatsapp Anda Disadap dari Jarak Jauh

Redaksi
Minggu, 27 Oktober 2024 | 09:55 WIB
Logo aplikasi pesan instans whatsapp
Logo aplikasi pesan instans whatsapp
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyadapan dari jarak jauh menjadi kekhawatiran para pengguna whatsapp karena banyak percakapan penting yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Jika Anda menemukan beberapa tanda ini, kemungkinan whatsapp Anda sudah diretas dari jarak jauh. 

Tanda-tanda whatsapp Anda diretas adalah munculnya pesan yang tidak Anda kirim. Anda merasa tidak pernah mengirim pesan kepada seseorang tetapi ada history yang memperlihatkan hal yang berlawanan. 

Berikut tanda-tanda lain yang perlu Anda waspadai untuk mengetahui keamanan dan kondisi dari whatsapp Anda. 

1. Notifikasi Log Masuk yang Tidak Dikenal

Jika Anda menerima notifikasi tentang log masuk dari perangkat yang tidak Anda kenal, ini merupakan tanda jelas bahwa akun Anda mungkin disadap. Notifikasi ini dapat Anda lihat di email Anda, yang Anda gunakan untuk mendaftar whatsapp. 

2.Performa Aplikasi Melambat

Secara tiba-tiba WhatsApp Anda sering lag atau tidak responsif dibandingkan dengan biasanya. Ini juga bisa jadi tanda ada aplikasi atau perangkat lain yang mengakses data whatsapp Anda. Penurunan kualitas aplikasi ini terjadi karena aplikasi Anda digunakan oleh banyak perangkat. 

3. Perubahan pada Profil Anda

Ketika terjadi peretasan, beberapa pelaku akan menghapus foto profil Anda atau menggantinya. Jika foto profil, status, atau informasi lain di akun Anda berubah tanpa sepengetahuan Anda, ini bisa jadi tanda penyadapan.

4. Mendapat Pesan Verifikasi yang Tidak Diminta 

Tanda berikutnya adalah masuknya pesan verifikasi atau kode yang tidak Anda minta. Sistem berlapis Anda akan segera memberitahu Anda ketika ada percobaan untuk membobol whatsapp Anda. 

5. Ketidakmampuan untuk Keluar dari Akun

Jika Anda tidak dapat keluar dari akun Anda atau terus-menerus masuk kembali setelah keluar, ini bisa menjadi tanda bahwa ada perangkat lain yang terhubung.

6. Penggunaan Data yang Tidak Wajar

Penggunaan data di aplikasi whatsapp melesat dibandingkan dengan hari biasanya. Mulailah mewaspadai Jika Anda melihat penggunaan data yang tidak biasa, ini mungkin menunjukkan bahwa informasi Anda sedang diakses oleh pihak lain.

Cara terhindar dari Penyadapan

Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk mencegah smartphone Anda disadap. Langkah-langkah ini akan mempersulit peretas untuk mengambil alih akun whatsapp Anda dan melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan. 

Berikut langkah-langkah untuk terhindar dari penyadapan:

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Fitur ini menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan meminta kode yang hanya Anda yang tahu saat Anda mendaftar ulang. Jika biasanya untuk mendaftar Anda hanya cukup membuka aplikasi dan memasukan password, pada fitur Verifikasi maka Anda harus memasukan kode 6 digit, yang hanya diketahui oleh pemilik asli. 

2. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Kata sandi yang kuat, rumit dan dibuat dengan gabungan beberapa simbol, tulisan dan 

Pastikan kata sandi untuk akun Google atau iCloud Anda (yang terkait dengan nomor telepon Anda) kuat dan tidak mudah ditebak.

3. Hindari Tautan dan Lampiran yang Tidak Dikenal

Jangan mengklik tautan atau membuka lampiran dari pengirim yang tidak dikenal, karena ini dapat menjadi cara untuk menyadap akun Anda. Undangan pernikahan, pengumuman kredit, bonus, menang undian, dan lainnya yang tidak jelas asal usulnya, lebih baik dihindarkan.

4. Update Aplikasi Secara Rutin

Perbarui aplikasi Anda dengan versi terbaru dari WhatsApp untuk mendapatkan fitur keamanan terbaru. Aplikasi yang lebih update biasanya dilengkapi dengan keamanan yang lebih tinggi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper