Samsung Raja Smartphone Kuartal III/2024, Kalahkan Apple dan Xiaomi

Rika Anggraeni
Minggu, 27 Oktober 2024 | 13:30 WIB
Penampilan Samsung Galaxy A55 5G/dok. Samsung
Penampilan Samsung Galaxy A55 5G/dok. Samsung
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Samsung menggeser penjualan ponsel pintar (smartphone) Apple dan berhasil menjadi raja smartphone pada kuartal III/2024.

Berdasarkan laporan dari Counterpoint, dikutip pada Minggu (27/10/2024), Samsung berhasil mengambil pangsa pasar sebesar 19% dari sisi penjualan smartphone.

Direktur Riset Counterpoint Tarun Pathak mengatakan bahwa Samsung dan Apple mempertahankan dua posisi teratas pada kuartal III/2024, diikuti oleh Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

“Samsung memimpin pasar dengan pangsa 19%, berkat permintaan seri A yang berkelanjutan dan kinerja yang lebih baik dari seri S24,” kata Pathak.

Pathak mengungkap bahwa Samsung mendapatkan sambutan hangat dengan adanya series lipat.

Sementara itu, penjualan Apple hanya mampu tumbuh 1% pada kuartal III/2024. Adapun, penjualan Apple dibantu oleh peluncuran iPhone 16, meski penjualan seri iPhone 16 tetap datar.

“Bahkan ketika seri iPhone 16 melihat penjualan datar pada awalnya, kami mengharapkan permintaan untuk seri iPhone 16 tetap stabil karena basis pemasangan yang besar dari pengguna iPhone,” ujarnya.

Laporan tersebut juga mengungkap bahwa Xiaomi melanjutkan momentum pertumbuhannya yang kuat dengan berada berada di posisi ketiga. 

Xiaomi berhasil memiliki pangsa pasar sebesar 14% dari total penjualan smartphone global dan mengalami pertumbuhan 8% secara tahunan (year-on-year/yoy).

Menariknya, Pathak juga menyampaikan bahwa secara tahunan, Xiaomi terus mengalami peningkatan untuk kuartal keempat berturut-turut. Xiaomi juga sempat mengambil posisi kedua pada Agustus.

Kemudian, Oppo berada di urutan keempat dan mencatat penjualan tertinggi yang pernah ada sejak kuartal III/2023. Pada kuartal III tahun ini, Oppo berhasil mengambil pangsa pasar sebesar 9%, meski penjualannya turun 3% yoy.

Menyusul Vivo yang juga memiliki pangsa pasar sebesar 9%. Pada kuartal III/2024, penjualan hp Vivo tumbuh 10% yoy.

“Vivo sekarang telah menjadi OEM [Produsen Peralatan Asli] #1 di dua pasar ponsel pintar terbesar di dunia, China, dan India,” ungkapnya.

Di luar lima besar, Motorola dan Huawei juga memacu kecepatan penjualan dengan volume hp tumbuh hampir 30%. Motorola dan Google juga mencatat volume kuartalan tertinggi yang pernah ada.

Secara keseluruhan, penjualan ponsel pintar global tumbuh 2% yoy pada kuartal III/2024, pertumbuhan secara tahunan pertama di kuartal III sejak kuartal III/2018. Di mana, Amerika Latin, Eropa Barat, dan Jepang menunjukkan pertumbuhan tertinggi.

Kendati demikian, pertumbuhan penjualan hp melambat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Riset Counterpoint menunjukkan bahwa pasar tetap stabil pada 2024, pulih dari penjualan terendah dalam satu dekade karena sentimen konsumen dan faktor makroekonomi terus berjalan lebih baik daripada tahun lalu.

Meski volume penjualan hp melambat, namun konsumen tetap menghabiskan lebih dari sebelumnya untuk smartphone baru, yang mengarah pada pertumbuhan nilai dalam industri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper