Cara Mengontrol Layar iPhone dari Jarak Jauh, Pantau Aktivitas Orang Terdekat

Lukman Nur Hakim
Selasa, 22 Oktober 2024 | 17:07 WIB
Calon pembeli memegang Apple iPhone 16 Pro Max di sebuah toko di Moskow, Rusia. REUTERS/Evgenia Novozhenina
Calon pembeli memegang Apple iPhone 16 Pro Max di sebuah toko di Moskow, Rusia. REUTERS/Evgenia Novozhenina
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple, produsen smartphone asal Amerika Serikat, belum lama ini meluncurkan fitur baru untuk iPhone yang memungkinkan teman dan keluarga untuk mengontrol layar iPhone milik kerabat lainnya.

Melansir dari Slashgear, untuk mengontrol iPhone milik kerabat lain tidak perlu menuturkan ID Apple dari satu iPhone ke iPhone lainnya. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan panggilan video melakukan Facetime.

Namun, tidak semua iPhone dapat menggunakan fitur ini. Sebab, hanya iPhone yang sudah menggunakan iOS 18 yang bisa menggunakan fitur ini.

Meski bisa mengontrol iPhone orang lain dari jarak jauh, namun fitur ini hanya berlaku bagi pengguna iPhone yang sudah saling menyimpan kontak. Selain itu, fitur ini hanya tersedia di beberapa negara saja.

Lalu bagaimana menggunakan fitur pengontrol ini?

Hal yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi Facetime. Setelah Anda berada di aplikasi FaceTime, Anda dapat meminta kendali layar kontak Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Ketuk tombol 'Bagikan' di bagian atas layar.

2. Sebuah jendela akan meluncur ke atas dari bagian bawah dengan dua tombol. Pertama akan menanyakan apakah Anda ingin berbagi layar, yang lain menanyakan apakah Anda ingin kontak Anda berbagi.

3. Sekarang, Anda dapat mengetuk jendela dengan layar yang dibagikan.

3. Setelah selesai, orang yang membagikan layarnya perlu membuka layar beranda mereka. Di kanan bawah layar Anda akan ada simbol jari yang tampak seperti sedang menyodok layar. Ketuk simbol itu.

4. Hal ini akan mengirimkan permintaan ke kontak Anda, menanyakan apakah mereka ingin menyerahkan kendali ponsel mereka kepada Anda.

5. Selama teman atau anggota keluarga Anda menerima permintaan tersebut, Anda dapat mengendalikan ponsel mereka dan masuk ke aplikasi atau bahkan menggunakan papan ketik di layar.

Mengontrol layar iPhone dari jarak jauh juga bisa dilakukan lewat aplikasi pihak ketiga sebagai berikut: 

1. TeamViewer: Aplikasi ini sangat populer untuk kendali jarak jauh pada berbagai perangkat, termasuk iPhone. Anda bisa mengakses layar iPhone, mengontrol aplikasi, dan bahkan mentransfer file.

2. AnyDesk: Mirip dengan TeamViewer, AnyDesk juga menawarkan fitur kendali jarak jauh yang kuat dan stabil.

3. VNC Viewer: Jika Anda lebih familiar dengan protokol VNC, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengakses iPhone dari jarak jauh.

Selamat mencoba!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper