Indonesia Sudah Memasuki Musim Hujan? Ini Kata BMKG

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 26 September 2024 | 17:27 WIB
Sejumlah pengguna kendaraan menembus hujan deras di kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Bisnis/Rachman
Sejumlah pengguna kendaraan menembus hujan deras di kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Bisnis/Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah daerah di Indonesia sudah mendapat hujan di minggu keempat September 2024.

Adapun di wilayah Jabodetabek, BMKG memprediksi langit berawan hingga turun hujan ringan hampir di seluruh wilayah pada Kamis (26/9/2024).

Cuaca berawan tersebut diprediksi terjadi dari pagi hingga siang hari dan cuaca pada sore hari diprakirakan hujan ringan sampai dengan hujan sedang.

Musim hujan juga sudah mulai turun di beberapa wilayah di Jawa Tengah seperti Solo, Klaten, Magelang, hingga Yogyakarta.

Adapun melansir dari situs resmi BMKG, puncak musim hujan di Indonesia bagian barat akan terjadi pada November-Desember 2024.

Plt. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan wilayah yang akan mengalami puncak musim hujan pada November-Desember 2024 adalah sebanyak 303 Zona Musim atau 43,4 persen dari total Zona Musim yang meliputi Pulau Sumatra, pesisir selatan Jawa, dan Kalimantan.

Meski begitu, Dwikorita mengatakan terdapat pula sebanyak 250 Zona Musim atau 35,8 persen dari zona musim yang diprediksi akan mengalami puncak musim hujan pada Januari-Februari 2025 yaitu meliputi Lampung, Pulau Jawa bagian Utara, sebagian kecil Pulau Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan sebagian besar Papua.

Di sisi lain, Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan mengatakan bahwa musim hujan juga diprediksi datang lebih awal di beberapa wilayah di Indonesia.

Hal ini disebabkan antara lain oleh kondisi suhu muka laut Indonesia yang saat ini terpantau cukup hangat.

"Kalau kita lihat di wilayah Indonesia ini kondisi suhu muka lautnya cukup hangat. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan mayoritas daerah zona musim memasuki awal musim hujannya lebih awal," tuturnya, dikutip dari situs resmi BMKG, Kamis (26/9).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper