iPhone 16 Series Baru Rilis, Spesifikasi iPhone 18 Disebut sudah Bocor ke Pasar

Hesti Puji Lestari
Jumat, 20 September 2024 | 10:11 WIB
Ilustrasi tampilan iOS 18 di iPhone/Apple
Ilustrasi tampilan iOS 18 di iPhone/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple baru saja merilis iPhone 16 Series ke pasar global pada 10 September 2024 lalu. Tak berselang lama, kini muncul bocoran yang diduga iPhone 18.

Dilansir dari Digital Trends, muncul bocoran yang diduga akan menjadi spesifikasi iPhone 18 mendatang. Bukan sembarangan, bocoran ini datang dari Ming-Chi Kuo, seorang analis dengan rekam jejak yang baik dalam hal rumor Apple.

Menurut Kuo, beberapa model iPhone 2026 kemungkinan akan dilengkapi dengan chip 2nm, yang akan membuatnya lebih cepat dan lebih efisien daripada chip yang ditemukan pada model sebelumnya.

Meski demikian, pengguna akan dibuat bingung dengan pilihan yang tersedia. Bagaimana tidak, model iPhone 18 kelas bawah (reguler atau mini) diprediksi hanya akan dibekali prosesor 3nm.

Mengacu pada alasan ini, Anda harus membayar ekstra untuk yang 2nm, yang mungkin hanya tersedia di iPhone 18 Pro dan iPhone 18 Pro Max.

Tapi tampaknya memang demikianlah strategi Apple. Apple telah menawarkan chipset yang kurang bertenaga pada model iPhone yang lebih murah dalam beberapa tahun terakhir.

Misalnya tahun ini, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus memiliki chip A18, sedangkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max memiliki A18 Pro.

Untuk mendapatkan gadget dengan chipset terbaru, pengguna diharuskan membeli versi yang mahal dari setiap model yang dirilis Apple.

Sebagaimana diketahui, A18 dan A18 Pro merupakan kemajuan teknologi sistem-pada-chip (SoC) Apple.

Meskipun keduanya memiliki banyak kesamaan, versi Pro memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Kedua chip tersebut dibangun pada proses 3nm generasi kedua, yang menawarkan transistor terkecil.

A18 dan A18 Pro memiliki CPU enam inti, Neural Engine 16 inti yang ditingkatkan, dan subsistem memori yang ditingkatkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper