Mengenal Apple Intelligence yang Akan Tersemat di iPhone 16

Rika Anggraeni
Minggu, 8 September 2024 | 20:02 WIB
Ilustrasi tampilan iOS 18 di iPhone/Apple
Ilustrasi tampilan iOS 18 di iPhone/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Seri iPhone 16 yang mengadopsi Apple Intelligence diperkirakan meluncur pada acara tahunan bertajuk “Glowtime” pada Senin (9/9/2024). Lantas, apa sebenarnya Apple Intelligence?

Perlu diketahui, acara Glowtime akan berlangsung pada pukul 13.00 ET atau 10 September 2024 pukul 00.00 WIB di Steve Jobs Theater di Apple Park, Cupertino, Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari CNET, Minggu (8/9/2024), dorongan besar Apple untuk AI generatif di beberapa OS-nya telah dimulai, dan Apple akhirnya membuka Apple Intelligence untuk beberapa pengujian publik, tetapi hanya dalam bentuk beta pengembang saat ini.

Adapun, pengguna iPhone 15 Pro atau iPad atau Mac dengan chip M1 dan yang lebih baru, dengan perangkat lunak beta pengembang seperti iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan MacOS Sequoia 15.1 dapat mencoba Apple Intelligence sekarang.

Sementara itu, pada musim gugur ini Apple Intelligence akan mendapatkan rilis publiknya sebagai bagian dari iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequoia.

Daftar gawai Apple yang kompatibel Apple Intelligence

- iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max

- iPad Air dengan chip M1 atau M2

- iPad Pro dengan chip M1, M2, atau M4

- MacBook Air dengan chip M1, M2, atau M3

- MacBook Pro dengan chip M1, M2, atau M3

- Mac Mini dengan chip M1 atau M2

- Mac Studio dengan chip M1 atau M2

- iMac dengan chip M1 atau M3

- Mac Pro dengan chip M2

Sayangnya, Apple belum memberikan tanggal tertentu, hanya Apple Intelligence yang akan dirilis secara publik sebagai fitur beta opt-in akhir musim gugur ini.

Pada saat peluncuran, Apple Intelligence akan tersedia di Amerika Serikat (AS). Secara khusus, Apple mengatakan bahwa Apple Intelligence akan bekerja pada model iPhone, iPad, atau Mac yang kompatibel dengan Siri dan bahasa perangkat yang diatur ke bahasa Inggris AS. Kemudian, dukungan untuk bahasa tambahan akan datang pada 2025 mendatang.

Kemampuan Apple Intelligence akan terbagi dalam salah satu dari tiga kategori, mulai dari menulis, gambar, dan Siri. Nantinya, Apple Intelligence akan dapat mengoreksi teks, menulis ulang versi yang berbeda dengan menyesuaikan nada dan kata-kata, dan meringkas teks yang dipilih dengan satu ketukan.

Kemudian, alat gambar akan dapat membuat gambar asli berdasarkan petunjuk di aplikasi Image Playground yang baru. Caranya, pengguna akan dapat mengubah sketsa kasar menjadi gambar terkait yang melengkapi catatan dengan Image Wand yang didukung Apple Intelligence.

Selain itu, pengguna juga akan dapat menghasilkan Genmoji khusus dan unik dengan Apple Intelligence langsung dari keyboard.

Apple Intelligence juga memberi Siri perombakan raksasa. Siri akan memiliki desain baru, pemahaman bahasa yang lebih kaya, dan kemampuan untuk mengetik ke Siri alih-alih mendikte. Suara dan respons Siri akan terdengar lebih alami dan percakapan.

Apple Intelligence memberi Siri kesadaran akan konteks pribadi dan kemampuan untuk mengambil tindakan di dalam dan di berbagai aplikasi, dan pengetahuan produk tentang fitur dan pengaturan perangkat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper