Jelang Apple Glowtime, Intip Serba-serbi Bocoran iPhone 16

Rika Anggraeni
Minggu, 8 September 2024 | 11:13 WIB
Apple Store di New York, Amerika Serikat. Bloomberg/Jeenah Moon
Apple Store di New York, Amerika Serikat. Bloomberg/Jeenah Moon
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Acara tahunan Apple bertajuk 'It’s Glowtime' akan digelar pada Senin, (9/9/2024) pukul 13.00 ET atau Selasa, (10/9/2024) pukul 00.00 WIB di Steve Jobs Theater di Apple Park, Cupertino, Amerika Serikat (AS).

Penonton bisa menyaksikan acara tahunan Apple 2024 melalui situs resmi Apple dengan mengunjungi https://www.apple.com/store dan cari spanduk acara 'Glowtime'. Acara juga bisa diakses dengan membuka aplikasi Apple TV, YouTube, dan aplikasi acara Apple di iPhone atau iPad.

Dalam acara itu, iPhone generasi baru alias iPhone 16 kemungkinan akan terungkap. iPhone 16 akan menjadi platform untuk Apple Intelligence, yang kini tersedia untuk dicoba sebagai bagian dari beta pengembang untuk iOS 18.1 pada iPhone 15 Pro tahun lalu.

Seri iPhone 16 dan iPhone 16 Pro dikabarkan akan mendapatkan sejumlah pembaruan signifikan, mulai dari tampilan hemat daya baru, warna, peningkatan kamera, hingga layar yang lebih besar.

Dilansir dari CNET, Minggu (8/9/2024), seri iPhone 16 akan menjadi perangkat bertenaga AI baru Apple. Hal ini terjadi di saat pembuat ponsel saingan seperti Samsung dan Google memiliki ponsel bertenaga AI.

Berikut rumor serba-serbi iPhone 16:

1. Layar lebih besar

Desas-desus tentang ukuran layar yang lebih besar mencuat, setidaknya untuk model iPhone 16 tertentu. Teranyar dari publikasi Korea, Elec, yang menerbitkan laporan April yang mengungkap model iPhone 16 tertentu siap untuk mengadopsi teknologi layar yang inovatif, menghasilkan bezel yang lebih tipis, bingkai di sekitar layar ponsel.

Perlu diketahui, Apple secara historis telah memperkenalkan peningkatan tampilan di lini produk Pro-nya, sebelum terkadang menurunkannya ke model berbiaya lebih rendah setelahnya. Produsen tampilan dilaporkan telah memperkenalkan teknologi struktur pengurangan batas baru, memungkinkan sirkuit kontrol yang lebih kompak dan pada akhirnya menghasilkan bezel yang lebih ramping.

Kabarnya, iPhone 16 Plus bisa menjadi yang terakhir dari iPhone biasa Apple yang lebih besar. Apple dilaporkan berencana untuk memotong layar yang lebih besar, model Plus, dari iPhone standarnya dari jajarannya tahun depan dan sebagai gantinya akan memperkenalkan iPhone premium ultra-tipis baru yang dikatakan disebut iPhone 17 Slim.

2. Warna

Analis Apple Ming-Chi Kuo mengatakan, opsi warna biru dari iPhone 15 Pro akan dihentikan dan diganti dengan model mawar baru, yang akan tersedia untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Dia juga memprediksi iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan tersedia dalam warna putih, menggantikan model kuning.

Berikut rumor warna seri iPhone 16:

iPhone 16

Black, blue, green, pink, white

iPhone 16 Plus

Black, blue, green, pink, white

iPhone 16 Pro

Black, natural, pink, white titanium finishes

iPhone 16 Pro Max

Black, natural, pink, white titanium finishes

3. Ukuran

Analis Ross Young menyebut bahwa seri iPhone 16 Pro akan memiliki layar yang lebih besar, yaitu 6,3 inci untuk iPhone 16 Pro dan 6,9 inci untuk iPhone 16 Pro Max. Rumor itu kemudian dikuatkan oleh Mark Gurman dari Bloomberg, yang mengatakan seri iPhone 16 Pro dapat tumbuh sebesar “beberapa persepuluh inci secara diagonal.”

Lebih lanjut, seri iPhone 16 dan iPhone 16 Plus diyakini tetap dengan ukuran 6,1 inci dan 6,7 inci seperti saat ini. Jika peningkatan ukuran akurat, itu akan menjadi langkah lain dari Apple untuk membedakan model Pro iPhone dari yang biasa.

4. Hemat daya

Perubahan lain yang dapat dilakukan pada layar iPhone 16 adalah efisiensi daya yang lebih besar. Samsung Display tampaknya tengah mengembangkan set bahan baru, dijuluki M14, khusus untuk Apple, menurut laporan TheElec, yang mengatakan teknologi baru harus tiba di iPhone yang diluncurkan tahun depan.

M14 akan menggantikan teknologi neon biru yang digunakan sekarang dengan teknologi fosforesensi biru, menciptakan layar yang lebih hemat daya daripada LTPO saat ini yang digunakan pada model Pro, kata laporan itu.

5. Kejutan AI

Selain itu, kehadiran AI menjadi kata kunci teknologi terbesar bagi Apple tahun ini. Apple mengikuti jejak saingannya, seperti Samsung dan Google.

Apple Intelligence memulai debutnya selama Konferensi Pengembang Seluruh Dunia atau Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) pada 10-14 Juni 2024.

Kehadiran Apple Intelligence membawa integrasi ChatGPT, fitur Siri baru untuk mendapatkan dukungan teknis dan menjawab permintaan yang lebih personal, dan kemampuan untuk menghasilkan gambar dan emoji, di antara fitur lainnya. Fitur AI baru ini diharapkan akan dikirimkan pada semua model jajaran iPhone 16 yang akan datang dengan iOS 18 langsung.

6. Kamera

Selanjutnya, iPhone 16 Pro maupun iPhone 16 Pro Max disebut-sebut memiliki lensa telefoto 5x tahun depan. Menurut analis Apple Ming Chi Kuo, lensa tetraprism akan masuk ke kedua model Pro tahun depan, sebagai lawan hanya model Pro Max.

Apple melengkapi iPhone 15 Pro dengan zoom optik 3x 12 megapiksel, sementara iPhone 15 Pro Max memiliki kamera zoom optik 5x 12 megapiksel, yang setara dengan lensa 120mm pada kamera full-frame.

Menurut laporan MacRumors, Apple mungkin tengah mengeksplorasi pendekatan baru untuk meningkatkan kualitas foto. Rumor tersebut menunjukkan bahwa perusahaan dapat menambahkan teknologi anti-reflektif ke dalam proses pembuatan kameranya. Jika berhasil, ini berpotensi menghilangkan artefak yang tidak diinginkan seperti suar lensa, menghasilkan foto yang lebih realistis.

7. Chip A18

Dalam jeda dengan 2 tahun terakhir, keempat model iPhone 16 tampaknya akan mendapatkan chipset Apple generasi berikutnya, yang semuanya akan menerima merek A18.

Menurut MacRumors yang mengutip Jeff Pu, seorang analis eksekutif untuk Haitong International Securities, keempat model akan memiliki chip seri A18 dengan model Pro iPhone mendapatkan A18 Bionic Pro dan model dasar mendapatkan A18 biasa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper